Di Gelar Apel Serah Terima Jabatan Kapolres Bima Kota,

Di Gelar Apel Serah Terima Jabatan Kapolres Bima Kota,

61
BERBAGI

BERITA KOTA BIMA NTB – Kepolisian Resort Bima Kota pagi ini, kamis (1/11/2018) pukul 07.00 wita menggelar Apel Serah Terima Jabatan Kapolres Bima Kota dari AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.IK yang saat ini menjabat Kapolres Lombok Timur kepada AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH, acara yang digelar dihalaman Markas Komando Polres Bima Kota dihadiri seluruh Perwira Polres Bima Kota. Dalam upacara Serah Terima Jabatan ini, AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.IK menyampaikan bahwa dirinya menjabat sebagai Kapolres Bima Kota selama 1 tahun 1 minggu, Ia menyampaikan syukur Alhamdulillah bahwa situasi selama kami memimpin disini secara umum sangat kondusif bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “ini bukan Kapolresnya yang hebat, tapi memang rekan-rekan Polres Bima Kota ini yang hebat, yang ikhlas dan betul-betul saling bahu-membahu dan bersama-sama mengatasi situasi yang ada”, ungkapnya.

Lebih jauh AKBP Ida Bagus menggambarkan, bahwa beberapa kejadian pertama kali dirinya menjabat Kapolres Bima Kota dihadapkan dengan kasus-kasus kelompok radikal, “ada kejadian pada saat itu, persis setelah malamnya kami menerima TR, besoknya kejadian 2 orang Anggota kita sebagai korban penembakan, alhamdulillah tidak sampai mengakibatkan meninggal dunia dan serta merta juga berkomunikasi dengan Densus dan alhamdulillah bisa diatasi, dan sampai saat ini tidak ada kejadian yang berkaitan dengan kejadian tersebut kembali dan alhamdulillah mudah-mudahan itu adalah kejadian yang terakhir yang menimpa khususnya anggota Polres Bima Kota, harap Kapolres.

Ida Bagus juga menjelaskan tentang situasi kamtibmas, kejahatan konvensional lumayan tidak juga terlalu tinggi dan alhamdulillah pengungkapan-pengungkapan kasus 3C khususnya, juga banyak dilakukan oleh jajaran Polres Bima Kota. Saat ini menurutnya, jumlah personil Polres Bima Kota sebanyak 674, terdiri dari 10 Polsek,  2 Pemerintahan yaitu 5 Kecamatan masuk ke wilayah hukum Polres Bima Kota, kejadian yang bersifat konflik massa alhamdulillah selama kami menjabat tidak ada yang betul-betul menonjol yang mengakibatkan terjadinya konflik massa, mudah-mudahan kondisi ini dalam kepemimpinan kapolres yang baru didukung oleh rekan-rekan semua bisa terus dipertahankan, harapnya.
“Sebagai pejabat lama saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan, kebersamaan dan partisipasi rekan-rekan terhadap saya dan keluarga, saya sangat bangga dan terkesan karena salah satunya Bima Kota ini tidak seperti yang dibayangkan atau diceritakan oleh orang. Kita yang mengalami disini, saya cukup bangga dengan situasi kantor  dengan lahan yang cukup luas dan kantor yang megah. Apalagi saat ini kita sedang membangun masjid mencapai 57 %, ini semua modal niat dan amal dari rekan-rekan semua disini. Saya juga mohon maaf jika selama ini banyak kekhilafan kami, dan segala kekurangan kami dalam memimpin, kami sadar banyak kekurangan  dan kami belum banyak berbuat apa-apa untuk rekan sekalian. Mungkin ada rekan-rekan terpaksa kami sidang disiplin, kami tegur, kami marahi, itu semua sebagai kewajiban kami untuk sama-sama menjalankan organisasi ini secara baik. Selanjutnya kami mohon doa restu dalam bertugas ditempat yang baru, kami berharap hubungan silaturrahim ini jangan putus, tutup Kapolres.

Sementara itu Kapolres Bima Kota yang baru, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH menyampaikan “Terima kasih kepada seluruh rekan semua atas kerjasamanya selama ini sehingga saya tinggal meneruskan saja, kami mohon ijin bergabung dan mohon diterima menjadi warga disini, kami mohon dukungan dan kerjasamanya agar situasi diwilayah Polres Bima Kota ini tetap kondusif bahkan lebih baik. Jika ada hal-hal yang kurang pas, mari kita sama sama perbaiki, mari kita bekerjasama dengan sering berkomunikasi, saling koordinasi dan berkolaborasi dalam hal pelaksanaan tugas, agar tugas kita berhasil dengan baik”, ungkapnya.

AKBP Erwin juga berpesan, jangan menyakiti atau meresahkan masyarakat kita harus merangkul semua, ada masalah kita selesaikan secara kekeluargaan untuk pelaksanaan tugas agar anggota saling membantu, saling mendukung jangan ada rasa iri dengki, semua rezeki itu sudah ada yang mengatur. Pada kesempatan ini Pria Lulusan Akpol 1998 ini menegaskan, bahwa dirinya saat memimpin menggunakan sistim kekeluargaan, jika ada maslaah harus diselesaikan secara kekeluargaan, begitu pula Erwin mengingatkan dalam memimpin akan menerapkan reward and panhisment, jadi siapa yang berprestasi harus ada penghargaan dan yang kurang atau tidak melaksanakan tugas dengan baik kita akan beri panhisment agar tidak terulang kembali dan tidak ditiru oleh yang lain, tegasnya. (Rahim)