Pencanangan BBGRM ke-XV dan HKG PKK ke-46 tingkat Kabupaten Bima di Paruga...

Pencanangan BBGRM ke-XV dan HKG PKK ke-46 tingkat Kabupaten Bima di Paruga Nae Bolo.

29
BERBAGI

BERITA BIMA,NTB —- Tahun ini, kecamatan Bolo dijadikan sebagai tempat Pencanangan BBGRM ke-XV dan HKG PKK ke-46 tingkat Kabupaten Bima. Kegiatan pencanangan yang dipusatkan di Paruga NaE Bolo, Senin (3/12), selain dihadiri oleh Bupati Bima, juga hadir Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bima, unsur FKPD Kabupaten Bima, para Asisten, Kabag, Staf Ahli Setda Bima, Kepala OPD, Ketua T. PKK Kabupaten Bima, Camat, Kepala Desa, Ibu Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa serta warga masyarakat Kecamatan Bolo dan sekitarnya.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menegaskan bahwa pencanangan BBGRM  ke-XV dan Hari Kesatuan Gerak  PKK ke-46 tahun ini, merupakan saat yang istimewa yang mengiringi perjalanan Kabupaten Bima sebagai sebuah daerah yang sedang giat-giatnya membangun Dou Labo Dana Mbojo. “Betapa tidak pada kesempatan ini saya bersama bapak Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer  hadir untuk kembali mengajak dan membangkitkan semangat gotong royong  di tengah-tengah masyarakat kita, sebab pembangunan tidak akan berlangsung tanpa adanya dukungan dan partisipasi serta komunikasi yang dibangun melalui silaturahmi semacam ini,” ungkapnya.

Menurutnya, momentum BBGRM merupakan wahana komunikasi dalam bentuk silaturahmi ini sangat tepat untuk kembali merekatkan tali silaturahmi dan hubungan kekeluargaan baik antara sesama jajaran pemerintah daerah maupun dengan masyarakat diseluruh pelosok kecamatan dan desa. BBGRM yang dilaksanakan setiap tahun, kata dia, disamping ditujukan merekatkan tali silaturahmi, juga memiliki misi penting untuk melakukan sosialisasi program pembangunan yang tertuang dalam APBD Kabupaten Bima, dan menyerap aspirasi dan harapan-harapan masyarakat terkait dengan pemenuhan hajat hidup masyarakat sebagai warga Negara.

Aspirasi dan harapan masyarakat yang ditampung tersebut sejatinya menjadi masukan yang amat berharga bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan sebagai wujud pelaksanaan amanah yang ada di pundak saya bersama bapak Wakil Bupati Bima dalam mengayomi dan melayani masyarakat kita.  Disamping itu, pelaksanaan BBGRM telah mendorong berbagai SKPD dan stakeholder lainnya untuk secara bersama-sama, terpadu dan sinergi melaksanakan berbagai program pembangunan di pedesaan demi mendorong tercapainnya hasil yang lebih baik. Begitupula terkait dengan pengalokasian ADD, dimana kepada para kepala desa dan unsur-unsurnya agar dapat mengelola ADD tersebut sesuai dengan peruntukanya. “Adanya ADD ini, semua program pembangunan yang akan dilaksanakan di desa dapat dilaksanakan demi mewujudkan kesejahteran masyarakat,” katanya.

Bupati mengingatkan, pada bulan ini, tepatnya tanggal 20 Desember tahun 2018 mendatang, Pemkab Bima akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di 191 desa yang berada di 18 kecamatan. Oleh karena itu kepada panitia, calona kepala desa dan masyarakat agar dapat mendukung pelaksanaan kepala desa dengan tertib dan aman, sehingga dari hasil Pilkades nantinya akan lahir pemimpin desa yang legitimate untuk memimpin desanya.

Sementara itu, Kepala DPMDES Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin Andi Parani, MM, menjelaskan maksud dilaksanakannya kegiatan BBGRM ke-XV dan HKG PKK ke-46 tingkat Kabupaten Bima yaitu untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Pada kesempatan itu, ia mengimbau seluruh masyarakat agar dapat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, karena tanpa dukungan dari masyarakat maka program kegiatan BBGRM dan HKG PKK tidak dapat berjalan sesuai yang direncanakan. (Rahim)