Kenalkan Koramil Kepada Anak Usia Dini

Kenalkan Koramil Kepada Anak Usia Dini

369
BERBAGI

BERITA KEDIRI Koramil Ngasem kedatangan anak-anak usia dini dari TK dan PAUD PKK Tugurejo, dan kedatangan mereka tidak lepas dari program sekolah tersebut, yaitu menjelajahi instansi-instansi yang ada di Kecamatan Ngasem.

Dibawah pengawasan langsung Kepala Sekolah TK dan PAUD PKK Tugurejo, Widianti, puluhan anak-anak usia dini ini diperkenalkan eksistensi Makoramil hingga apa saja yang dilakukan ditempat tersebut. jumat (1/2/2019)

Memperkenalkan Koramil kepada anak-anak usia dini ini memang terbilang agak berbeda dibanding anak sekolah tingkat SD, SMP maupun SMA. Pelda Karni didapuk untuk membimbing anak-anak usia dini ini, dari memperkenalkan ikan-ikan di kolam, hingga permainan outbond berkategori simple dan mudah dimainkan.

Ikan jenis nila yang berkeliaran di kolam berukuran 2 x 4 meter, menjadi tontonan anak-anak usia dini. Selain jumlah ikan yang cukup banyak, ikan-ikan ini berukuran kecil, sehingga ada daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Didalam ruangan, Pelda Bejo dan Pelda Santoso, menyampaikan penjelasan seputar eksistensi Koramil kepada guru-guru TK dan PAUD PKK Tugurejo. Penjelasan disampaikan secara simple dan tidak berbelit-belit.

Pelda Bejo menjelaskan, bahwasannya ditempat inilah, seluruh Babinsa-Babinsa yang ada di tiap-tiap desa maupun kelurahan, berkantor di Makoramil. Di Koramil, sebagaimana dikatakan Pelda Bejo, ada Danramil, dan Danramil inilah yang menjadi pimpinan sekaligus piramida organisasi paling atas di Koramil.

Setiap Babinsa, menurut Pelda Bejo, harus melaporkan segala aktifitas di desa-desa maupun di kelurahan-kelurahan kepada Danramil. Babinsa, dikatakan Pelda Bejo, harus berbaur dengan masyarakat setempat, dan dari situlah komunikasi atau dialog dilakukan, baik bersama Kepala Desa atau Kepala Kelurahan, Ketua RT, Ketua RW maupun elemen atau komponen masyarakat.

Ia menambahkan, Koramil berada dibawah pengawasan langsung Kodim, dalam artian tidak berdiri sendiri, namun seluruh aktifitasnya harus dilaporkan kepada Kodim. Kodim dan Koramil berbeda, dikatakan Pelda Bejo, Kodim ruang lingkupnya ada ditingkat kecamatan, sedangkan Kodim ruang lingkupnya di tingkat kabupaten dan kota.

Ditempat terpisah, Pelda Bejo menggandeng emak-emak untuk mengelilingi Makoramil, sekaligus melihat langsung kondisi terkini tanaman pangan yang tersebar di Makoramil. Tanaman pangan ini ditanam semata-mata untuk penghijauan, apabila ada masyarakat yang ingin mengambil buah atau hasil tanaman, dikatakan Pelda Bejo, Koramil dengan tangan terbuka mempersilahkan siapa saja untuk mengambilnya. (dodik)