Ratusan Pelajar Digembleng Di Lereng Gunung Kelud Lewat Kemah Bakti Bela Negara

Ratusan Pelajar Digembleng Di Lereng Gunung Kelud Lewat Kemah Bakti Bela Negara

376
BERBAGI

BERITA KABUPATEN KEDIRI—— Ratusan pelajar dari berbagai penjuru Kediri berkumpul dalam satu lokasi di lereng Gunung Kelud, untuk menjalani kemah bakti bela negara yang diselenggarakan Kodim 0809/Kediri bekerjasama dengan Bakesbangpolinmas Kabupaten Kediri. Lokasi yang berada di areal PTPN XII Sepawon Kecamatan Plosoklaten ini, tercatat diikuti 120 pelajar, dan secara resmi dibuka langsung Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno. senin (19/11/2018)

“Waspadai terhadap perkembangan ipoleksosbudhankam yang semakin terdegradasi oleh arus globalisasi. Mengingat Indonesia adalah negara besar penduduknya ke-4 di dunia, tentu keberadaannya sangat diperhitungkan oleh negara-negara lain,” kata Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno yang bertindak sebagai Inspektur upacara saat ini.

Lanjutnya, sebagai komponen bangsa harus mampu berperan aktif sesuai profesinya masing-masing. Yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia saat ini adalah terkikisnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hanya dengan bersatu, bangsa Indonesia akan disegani oleh bangsa lain.

“Tingkatkan keimanan, utamakan faktor keselamatan, jaga kekompakan, adakan kordinasi atau koreksi, serta jaga faktor keamanan,” pungkasnya.

Usai amanat yang dibacakan kepada seluruh peserta kemah bakti bela negara, Letkol Kav Dwi Agung sutrisno menyematkan pita tanda secara resmi kegiatan yang berlokasi di lapangan Desa Ngrangkah Sepawon ini dimulai.

Menanggapi keberadaan ratusan pelajar di lapangan yang berada tepat ditengah areal perkebunan tersebut, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno berharap dengan kegiatan ini akan mencetak bibit-bibit generasi muda potensial dan energik.

Sementara itu, menurut Kabakesbangpolinmas Kabupaten Kediri Solikin, kemah bakti bela negara ini sangat berdampak positif terutama dalam hal kedisiplinan dan kemandirian. Kemah bakti ini juga menempa para pelajar untuk tidak pantang menyerah dan selalu berjalan kedepan.

Pembukaan kemah bakti bela negara ini dihadiri Camat Plosoklaten Elok Estika dan Danramil Plosoklaten Kapten Cpl Pratikno, serta seluruh Danramil jajaran Kodim Kediri. Dari catatan masing-masing Danramil, 120 pelajar yang ikut serta tersebut berasal dari 12 sekolah yang tersebar di Kediri dan tingkat pendidikan semua peserta adalah SLTA sederajat. (dodik)