Darurat Korupsi, Mahasiswa Gelar Diskusi Publik Dengan Thema “Menakar Upaya Pemberantasan Korupsi...

Darurat Korupsi, Mahasiswa Gelar Diskusi Publik Dengan Thema “Menakar Upaya Pemberantasan Korupsi Di Kepulauan Nias

101
BERBAGI

BERITA GUNUNGSITOLI SUMATERA UTARA,—– Dalam rangka menyambut HAKI (Hari Anti Korupsi Internasional) yang diperingati 9 desember mendatang, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Nias St. Thomas Morrus menggelar diskusi publik dengan thema: “Menakar Upaya Pemberantasan Korupsi di Kepulauan Nias” pada kamis(30/11) di aula Dian Otomosi Gunungsitoli.

Kegiatan tersebut menghadirkan Firman Jaya Daeli (Mantan Komisi Politik/Hukum DPR RI) dan Kapolres Nias Deni Kurniawan, S.Ik, MH sebagai pembicara. Sementara ruang diskusi dipandu oleh moderator kawakan Firaman Gulo,S.Pd (Mantan Ketua Presidium PMKRI Cabang Nias).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Dilanjutkan dengan kata pengantar dari Ketua Presidium PMKRI Cabang Nias St. Thomas Morrus, Perius Telaumbanua. Setelah itu, langsung ke ruang diskusi.

Sebagai pembicara pertama, Kapolres Nias memaparkan langkah-langkah yang ia tempuh dalam pemberantasan korupsi di wilayah hukum Polres Nias. Mulai dari pencegahan, penindakan hingga pada proses penyelidikan beberapa kasus yang sedang ditangani. Pihaknya pun mengakui beberapa tantangan yang dihadapi dalam upaya pemberantasan korupsi, seperti tekanan politik, kekurangan tenaga penyidik, serta kekurangan alat bukti yang disodorkan pada pelapor, semua terungkap pada diskusi itu.

Sementara Firman Jaya Daeli, berbicara mengenai komitmen Pemerintahan Jokowi-JK dalam upaya pemberantasan korupsi serta langkah-langkah koordinasinya hingga di level Polres dan Kejari. Selain itu, Firman juga menyinggung tentang faktor-faktor penyebab korupsi dan upaya pencegahannya serta bias/efek dari tindakan korupsi di bidang pemerintahan, politik, ekonomi dan sosial.

Acara itu sendiri dihadiri oleh berbagai elemen. Diantaranya, Kasipidsus Kejari Gunungsitoli Yus Iman Harefa,SH,MH, Ketua Alumni IKGS Budieli Laia. Terlihat juga beberapa politisi muda seperti Bruno Richard Telaumbanua (PKPI), Budiyarman Lahagu (PDIP), Darianus Lahagu (NASDEM), Petrus SJ. Waruwu (NASDEM). Berbagai kelompok mahasiswa turut hadir antara lain, GMNI, GMKI, BEM dan MPM STIE, SMPT IKGS. Serta para penggiat antikorupsi dari OKP, LSM dan Pers. (Af lase)