Impor Sapi, Pro Kontra Peternak Purbalingga

Impor Sapi, Pro Kontra Peternak Purbalingga

296
0
BERBAGI
Sapi Lokal di Kabupaten Probolinggo Jawa Tengah

Barak News.Com.Purbalingga – Rencana pemerintah melakukan impor sapi ke Indonesia, pada tahun ini mendapat berbagai respon dari masyarakat.

Peternak Sapi dari Desa Kalitinggal Kidul, Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga bernama Hj .Mulyono mengatakan, keberatan jika impor sapi dari luar negeri ini di lakukan karena kualitas daging sapi lokal dianggap jauh lebih baik.Selain itu daging sapi lokal, tidak teralalu banyak lemak, sehingga lebih sehat.

Sapi Lokal di Kabupaten Probolinggo Jawa Tengah
Sapi Lokal di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah

Menurutnya jika Pemerintah tetap memberlakukan impor, akan berdampak pada penurunan harga jual sapi lokal. Saat ini harga sapi lokal dari tingkat peternak, mencapai Rp 20 juta perekor.Selain itu, jika saat ini harga daging sapi tinggi, maka tidak akan dinikmati oleh peternak sapi. “Dengan adanya impor sapi dari luar negeri, untuk kami sebagai penjual atau peternak sangat keberatan, karena untuk sapi lokal itu biasanya dagingnya lebih bagus,” kata Hj .Mulyono saat di wawancarai Barak News.com pada Selasa (29/3/2016)

Sementara itu, peternak lainya bernama Danang menyebut, kebijakan impor sapi ini tidak masalah. Dengan alasan para peternak lokal, tidak bisa mencukupi kebutuhan sapi di Indonesia, yang setiap tahunya mengalami peningkatan.

Namun demikian, dirinya merasa mampu bersaing dengan daging impor, karena cara penyembelihan yang sesuai dengan kententuan dan dilaksanakan di Indonesia. Berbeda jika Pemerintah melakukan impor daging sapi. “Sapi impor itu perlu masuk kesini untuk menyelamatkan sapi lokal agar setiap menjagal itu tidak sapi lokal semua”, Kata Danang di kandang sapi miliknya.(Bayu Eriga)

LEAVE A REPLY