Ormas Di Aceh Lakukan Konvoi Himbauan Larangan Merayakan Tahun Baru Masehi

Ormas Di Aceh Lakukan Konvoi Himbauan Larangan Merayakan Tahun Baru Masehi

64
BERBAGI
Foto bersama Sebelum Melakukan Konvoi

BERITA ACEH UTARA — Sejumlah ormas Islam di Kabupaten Aceh Utara, menggelar konvoi di sepanjang jalan untuk mengingatkan masyarakat di kabupaten agar tidak merayakan tahun baru dengan berhura-hura atau berlebihan , Senin (31/12/2018).

Konvoi itu dilakukan sejumlah ormas Islam berdasarkan hasil musyawarah dengan pihak Polres Aceh Utara dan juga meneruskan himbauan Gubernur Aceh Yang mana melarang merayakan Tahun baru Masehi. Konvoi ini juga turut dikawal aparat kepolisian dan diikuti oleh tim organisasi RAPI wilayah Aceh Utara, Ikatan Pekerjaan Sosial Masyarakat (IPSM) dan beberapa ormas lainnya.

“Ini sebenarnya bukan hanya di Aceh yang mayoritas umat Islam, bahkan di seluruh Indonesia. Semua telah diinstruksikan untuk tidak ada kegiatan-kegiatan berlebihan pada pergantian tahun baru, karena itu dapat melanggar ketentuan syariat Islam,” kata koordinator lapangan konvoi, Tgk Zulfadli Al Wahidin kepada wartawan.

Tgk Zulfadli mengatakan, kegiatan yang didukung pemerintah daerah dan DPRK itu dilaksanakan oleh beberapa perwakilan ormas Islam di Kabupaten Aceh Utara.

“Ada Tastafi Aceh Utara, FPI, SSI, Hatar, Rabitah Taliban Aceh Utara, ada anggota Dewan dan para remaja masjid juga. Massa yang hadir ini kita batasi, tidak semua karena bukan aksi, tapi imbauan,” ujar Sekjen Tastafi Aceh Utara tersebut.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin juga mengeluarkan imbauan terkait hal tersebut. Ian mengajak masyarakat agar tidak juga merayakan pergantian tahun baru dengan berlebihan.

“Rayakan pergantian tahun dengan cara-cara yang positif, seperti doa bersama, giat kemanusiaan dan kegiatan lainnya yang bersifat positif. Agar dijadikan renungan dan introfeksi diri sepanjang tahun 2018, semoga di tahun yang baru 2019 dapat menjadi lebih baik,” kata Ian Rizkian.

Ian berharap masyarakat di tahun 2019 nanti sama-sama menjaga kedamaian dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Imbauan ini disampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk dukungan atas imbaun yang disampaikan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Foto bersama Sebelum Melakukan Konvoi ( Foto : Syahrul Ibn Usman )

“Kami mengimbau perayaan tahun baru ini masyarakat difokuskan untuk mendoakan saudara-saudara kita yang terkena musibah di Banten dan Lampung. Meski begitu, jajaran Polres Aceh Utara tetap mempersiapkan personel untuk melakukan pengamanan malam tahun baru sebagai upaya antisipasi guantibmas,” ucap Ian Rizkian. ( BR / Sy )