Qori Internasional Akan Menjadi Imam Shalat ‘Idul Fitri 1439 H di Mesjid...

Qori Internasional Akan Menjadi Imam Shalat ‘Idul Fitri 1439 H di Mesjid Nurul Huda

783
BERBAGI

ACEH UTARA – Mesjid nurul Huda Gampong Peunyerat kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh merupakan mesjid yang dibangun pada 23 Oktober 2009 oleh swasembada masyarakat, perletakan batu pertama yang dilakukan oleh walikota Banda Aceh, Mawardi Nurdin pada masa itu dan diresmikan pada tanggal 6 Juli 2012 oleh wakil gubernur Aceh Muzakir Manaf (Mualem). Mesjid ini merupakan salah satu mesjid yang juga paling aktif di banda Aceh. Berbagai kegiatan selalu aktif didalamnya, Ust. Bukhari M.Ali, S.Ag selaku ketua BKM mesjid kepada jurnalis mengatakan bahwa kegiatan di Mesjid nurul huda ini seperti pengajian ba’da subuh Minggu yaitu pengajian Tauhid yang di asuh oleh Tgk.H. Tarmizi Daud, M.Ag yang merupakan kadis Pendidikan dan Dayah kota B.Aceh. Akhlak&Tasawuf di asuh oleh Tgk.H.Sirajuddin Saman,MA,

Beliau merupakan pimpinan dayah Khamtsatu Anwar Deunong Darul Imarah Aceh Besar, Tafsir Al Quran di Asuh oleh Tgk.H.Akhi Tamlikha Hasan,Lc,beliau salah seorang guru pengajian rutin di Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh, dan pengajian Fiqih di asuh oleh Tgk.H.Masrul Aidi, pimpinan dayah Babul Maghfirah,Cot Keueung Aceh Besar.

Selain itu juga ada pengajian kitab, rutin tiap malam rabu setelah shalat magreb sampai dengan isya yang diasuh oleh Tgk. Musthafa Syamali, pimpinan balai pengajian NUDI lamreung Darul Imarah Aceh Besar dan imum syik mesjid Ittihadiyah Lamreung Aceh Besar, dan setiap akhir bulan malam Rabu setelah shalat Isya sampai selesai pengkajian Tauhid, Tasawuf yang di asuh oleh Abuya Syech H. Amran Waly Al Khalidy, yang merupakan pimpinan MPTT Asia Tenggara, kemudian setiap malam jumat setelah shalat Isya,pengajian dan zikir Rateb seribe yang di asuh oleh Abu Yusri bin Muhammad Rum, pimpinan dayah Baital’atiq Bitai jaya Baru B.Aceh dan rutin juga setiap malam sabtu setelah shalat magreb sampai isya ceramah yang selalu di isi oleh ustadz-ustadz atau Tengku-tengku dari Banda Aceh, Aceh Besar dan juga ada dari kabupaten/kota lain.

Dalam bulan Ramadhan kata ust.Bukhari bahwa tiap malam sebelum teraweh juga ada di isi ceramah-ceramah singkat oleh ustadz-Ustadz atau Tengku-Tengku yang berbeda sesuai jadwal masing-masing, juga imam terawih di imami oleh qori dan hafidz- hafidz yang terkenal, berganti-gantian tiap malam sesuai jadwal yang sudah disepakati dan selesai terawih dilanjutkan dengan tadarus mulai dari kalangan anak-anak, remaja,pemuda, bahkan juga orang tua. Kemudiaan setelah shalat subuh juga ada ceramah yang diisi oleh ustadz atau tengku yang sudah terjadwal.

Ust.Bukhari M.Ali,S.Ag menambahkan bahwa Untuk hari raya idul fitri tahun ini 1439 H/2018 M, insyaAllah imam shalat hari raya idul fitri akan di imami oleh qori terbaik internasional juara 1 tahun 2015 di Turki yaitu Ust. H.Takdir feriza,S.Pdi, dan yang akan menjadi khatib nantinya oleh Tgk.Zulkifli Zakaria sedangkan gema takbir akan dipandu oleh Ust. Afrizal, S.Si dkk, shalat ‘id akan dilakukan didalam mesjid sampai kehalaman mesjid Nurul Huda, ujarnya.