PDAM Tirta Galuh Fasilitasi Air Bersih Untuk Masyarakat

Saturday, April 16th 2016. | Ekonomi & Niaga

KABUPATEN CIAMIS  – Dalam upaya meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Ciamis,terutama dalam hal air minum, Pemerintah melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis,memberikan pelayanan dan fasilitas kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Purwadadi dan Lakbok agar mudah dalam mengkonsumsi air minum yang bersih dan sehat.Pentingnya kesadaran masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi air yang bersih bagi kesehatan, menjadi perioritas penting PDAM untuk membantu mengurangi munculnya penyakit di masyarakat akibat kualitas air yang ada saat ini.

PDAM TIRTA GALUH CIAMIS

PDAM TIRTA GALUH CIAMIS

Menurut Kepala Bagian Hubungan dan Layanan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus Helmy mengatakan,semakin berkembang nya zaman dan maraknya pembangunan di Kecamatan Purwadadi serta Lakbok,mengakibatkan resapan-resapan air yang ada di daerah tersebut semakin kecil. Seiring dengan kemajuan budaya, ekonomi, sosial dan aspek-aspek lain.“Ya 10 tahun lalu,Lakbok dan Purwadadi belum seperti sekarang ini, kalau sekarang sudah banyak bangunan-bangunan di pinggir jalan, pembangunan disana-sini, dan itu harus dibarengi air bersih yang memadai”,kata Dadan.

Kepala Bagian Hubungan dan Layanan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus Helmy

Kepala Bagian Hubungan dan Layanan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus Helmy

Dadan berharap, PDAM dapat ikut serta dalam meningkatkan cakupan pelayanan bagi masyarakat agar dapat mudah mengakses air minum yang sehat. Terhitung sejak tahun 2010,sudah ada sekitar 1700 kepala keluarga yang berlangganan air minum yang disediakan oleh PDAM. Padahal kapasitas dari pengolahan air minum yang ada di Purwadadi itu dapat memenuhi 4000 kepala keluarga.“Sumber air bakunya yang kita ambil dari sungai Citanduy, kemudian di olah di daerah Purwadadi berjarak sekitar 6 KM dari pusat sumber air, sudah ada 1700 kk yang mengkonsumsi air PDAM,masih ada masyarakat yang belum mengkonsumsi air yang disediakan PDAM”, imbuhnya.

a 

Masih banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa air minum yang ada sekarang memiliki kualitas yang baik, dikhawatirkan oleh pihak PDAM akan berdampak buruk terhadap kesehatan mereka dalam jangka panjang, seperti adanya bakteri dan kuman yang terkandung dalam air tersebut.Program ini diharapkan terjadi peningkatan dari tahun ke tahun, sejalan dengan program tersebut tentunya harus ada peran serta dari berbagai pihak. Salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk memberikan akses air minum yang sehat dan dapat di manfaatkan oleh masyarakat bagi kesehatan mereka.

Target untuk tahun depan, rencananya PDAM akan menambah 50 liter lagi persediaan air minum untuk masyarakat di sekitar Lakbok, Purwadadi dan Banjarsari, dan itu dapat memenuhi 8000 s.d. 9000 kepala keluarga yang sudah berlangganan air minum dari PDAM.

Dadan juga menghimbau agar masyarakat yang belum berlangganan air minum yang disediakan oleh PDAM, agar segera berlangganan karena tujuannya adalah agar masyarakat dapat hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi air yang bersih.“Kami menghimbau masyarakat untuk beralih dari mengkonsumsi air yang kurang bersih ke mengkonsumsi air yang sudah disediakan oleh PDAM, semakin banyak orang yang peduli terhadap air bersih, berarti semakin bagus”, pungkasnya.(Bayu Eriga)

Be Sociable, Share!

Related For PDAM Tirta Galuh Fasilitasi Air Bersih Untuk Masyarakat