Sabu seberat 19 Kg di sita Polres Aceh Timur

Sabu seberat 19 Kg di sita Polres Aceh Timur

68
BERBAGI

ACEH TIMUR – Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Timur kembali menyita sabu seberat 19 kilo gram yang dimasukan ke dalam tiga buah goni di Desa Blang Geulumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur pada Jumat (30/3) lalu, sekitar pukul 22.00 WIB.

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro saat jumpa pers dengan awak media di Mapolres setempat mengatakan, sebulumnya Satres Narkoba Polres Aceh Timur pada Rabu (28/3), juga turut menangkap seorang DPO yang merupakan residivis bernama M. Nasir (32) warga Desa Leuge Kecamatan Peureulak, dari tersangka berhasil disita barang-bukti berupa 187,52 gram narkoba jenis sabu, dan saat ini berkas perkara masih dalam proses penyidikan Satnarkoba Polres Aceh Timur.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa maraknya peredaran narkotika baik jenis sabu maupun ganja di wilayah hukum Polres Aceh Timur sangat meningkat drastis. Tidak hanya dikalangan dewasa, namun sudah menjangkau kalangan pelajar. Hal tersebut terbukti berdasarkan data pengungkapan kasus yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Wahyu Kuncoro pada Kamis (5/4).

Ia menambahkan, diantara beberapa kasus penyalahgunaan narkotika tersebut, yang perlu menjadi perhatian serius adalah bagaimana upaya penanggulangan terhadap korban penyalahgunaan narkotika, khususnya pelajar, selain itu perlu kiranya upaya preventif dari berbagai pihak guna menekan penyebaran narkotika di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

Dari data Satresnarkoba Polres Aceh Timur pengungkapan narkotika dalam kurun waktu 3 tahun terakhir adalah sebagai berikut;

Pada tahun 2016 jumlah tindak pidana penyalahgunaan narkotika 145 kasus, 43 ganja, 43 sabu. Pada tahun 2017 jumlah tindak pidana penyalahgunaan narkotika 96 kasus, 21 ganja , 75 sabu. Sementara itu pada bulan januari sampai dengan april 2018, jumlah tindak pidana penyalahgunaan narkotika 40 kasus, yang terdiri dari 6 ganja dan 34 lainnya kasus sabu-sabu.

Pada kegitan tersebut Danbrignif 25/Siwah dan Komandan Batalyon Raider khusus 111, turut menyerahkan kepada Kapolres Aceh Timur berupa hasil penemuan narkotika jenis ganja dengan berat 100 kilo gram yang ditemukan di wilayah hukum Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur. (Sahrul)