PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sunday, May 21st 2017. | Nasional

Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat secara tidak langsung telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya, bahkah dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, karena semakin majunya ilmu pengetahuan maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang berhubungan dengan jaringan yang menempatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran, dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Setiap teknologi pastinya mempunyai dampak positif maupun dampak negatif. Manfaat positif yang bisa didapat dari kemajuan teknologi adalah memberikan kemudahan dalam bidang pendidikan terutama sebagai salah satu sumber pengetahuan dan referensi dalam belajar, namun selain memberikan manfaat positif, kemajuan teknologi juga dapat memberikan dampak negatif yang bisa menjerumuskan ke dalam hal yang tidak baik, sehingga harus berhati-hati dalam menggunakan teknologi.

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, ketersediaan infrastruktur teknologi masih sangat minim mengakibatkan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Dalam dunia pendidikan di Indonesia perkembangan teknologi mulai dirasa memiliki dampak positif, pada sekarang ini jarak dan waktu bukanlah penghalang untuk mendapat ilmu.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jika dilihat pada saat ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dimana saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Saat ini jarak dan waktu tidaklah menjadi masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi sudah tercipta untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar.

Adapun pengaruh positif penggunaan teknologi dalam dunia pendidika di Indonesia diantaranya, sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan, munculnya media massa khususnya media elektronik seperti jaringan internet, lab komputer di sekolah, dan lain-lain sangat membantu baik pendidik maupun peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. Dampak dari hal ini adalah guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang disampaikan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari internet, oleh karena itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Munculnya metode-metode pembelajaran baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, tentunya akan diiringi dengan terciptanya metode-metode baru dan dengan kemajuan teknologi tersebut diharapkan siswa mampu memahami dengan baik materi-materi yang sifatnya masih abstrak. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, dengan adanya kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi juga bisa menggunakan jasa internet dan lain-lain. Adanya sistem pengelolaan data hasil penilaian dengan teknologi, dengan menggunakan media teknologi seperti komputer akan memudahkan guru dalam mengelola data hasil pembelajaran. Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi secara cepat. Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan proses belajar dan mengajar misalnya penggandaan soal ujian, dengan adanya mesin fotocopy akan memudahkan dan mempercepat penggandaan soal ujian. Dengan perkembangan teknologi, semuanya itu dapat dilakukan secara singkat, ada beberapa manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi yaitu pembelajaran akan lebih efektif dan menarik, dapat membantu menjelaskan materi yang sulit, penggunaan waktu akan lebih efisien, menciptakan suasana baru dalam pembelajaran.

Selain pengaruh positif ada pula pengaruh negatif teknologi terhadap dunia pendidikan di Indonesia diantaranya, siswa menjadi malas belajar, dengan adanya kemajuan teknologi seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet, hal ini lah yang membuat siswa menjadi pribadi yang  malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata bukan untuk menambah pengetahuan, seperti bermain game, facebook, twitter, dan lain-lain yang semuanya itu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Terjadinya pelanggaran asusila, sering kali kita melihat di televisi maupun media cetak sangat banyak terjadi kasus pelanggaran asusila yang dilakukan oleh pelajar atau pun korbannya adalah pelajar, itu semula bermula dari kemajuan teknologi baik facebook ataupun yang lainnya. Timbulnya perilaku menyimpang, seperti adanya siswa yang hanya mengahbiskan waktu untuk bermain play station, facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan belajar akan habis terbuang sia-sia. Kerahasiaan tes untuk pendidikan semakin terancam, dengan mudah dapat mengakses dari satu daerah ke daerah lain dapat dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab seperti kebocoran soal ujian yang dapat meresahkan pemerintah dan masyarakat. Penyalahgunaan teknologi untuk melakukan tindak kriminal, contohnya seseorang dengan kemampuan menerobos sistem sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok secara langsung ke bank atau ke kantor-kantor yang dituju, melainkan cukup dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Upaya dalam mengatasi dampak negatif teknologi dalam dunia pendidikan di Indonesia antara lain, Mempertimbangkan pemakaian teknologi dan komunikasi dalam pendidikan, khusunya untuk anak di bawah umur yang masih memerlukan pengawasan ketika melakukan pembelajaran dengan teknologi informasi. Tidak menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media satu-satunya dalam proses pembelajaran. Pihak pendidik baik guru, dosen, maupun orang tua memberikan pelajaran etika dalam berteknologi agar dapat menggunakan teknologi secara optimal tanpa meninggalkan etika. Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring informasi apa saja yang dapat diakses oleh peserta didik di dunia maya. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku. Menghindari penggunaan telepon selular berfitur canggih oleh anak-anak di bawah umur dan lebih mengawasi pemakaiannya. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang (*)  (Rifqi Muhammad Zidni Arsyada )

Be Sociable, Share!

Related For PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA