Susi Susilawati Harumkan Pangandaran Diajang Piala Gubernur Jabar

Susi Susilawati Harumkan Pangandaran Diajang Piala Gubernur Jabar

114
BERBAGI
Susi Susilawati (tengah) saat dikalungi medali emas oleh penyelenggara Piala Gubernur 2016 beberapa waktu lalu

KABUPATEN PANGANDARAN – Atlet sekaligus pelajar kelas X SMA Negeri Pangandaran, Susi Susilawati memboyong medali emas pada ajang Piala Gubernur Jawa Barat (Jabar) di cabang olahraga Tenis Meja di Sumedang 29 April hingga 1 Mei 2016 .Saat mengikuti perlombaan tingkat pelajar se Provinsi Jabar tersebut, Susi turun di kelas Junior. Secara keseluruhan menurut Susi, di kelas Junior terdapat 42 peserta yang berasal dari kabupaten atau kota se provinsi Jabar.

Dalam event itu, Susi mengaku kunci keberhasilannya karena ketenangan dan serius menerapkan strategi yang diterapkan oleh pelatihnya. Sebelum menginjak kaki di partai final, alumnus SDN 4 Wonoharjo itu mengkandaskan peserta dari Kabupaten Cirebon, Bogor, Cianjur dan Tasikmalaya. Atlet kelahiran Pangandaran 11 Maret 2000 itu di partai pamungkas berhasil menaklukan perlawanan atlet Ayu Sundari dari Kabupaten Tasikmalaya. Dalam pertandingan tersebut di set pertama, Susi berhasil unggul jauh 11-5 atas musuhnya. Set kedua, Ayu berhasil mengalahkan Susi dengan skor tipis 13-11. Kemudian Ayu sukses menutup skor 11-9 di set ketiga. Sedangkan pada set keempat Susi sanggup menyudahi dengan kemenangan 11-6 sehingga dilanjutkan dengan set kelima. Dan di set penentuan, Susi berhasil menghajar Ayu dengan skor telak 11-5. Al hasil medali emas berhasil digenggamnya. Sementara Ayu Sundari terpaksa harus puas dengan hanya membawa medali perak. “Jika dihitung total sudah 3x saya jumpa dia (Ayu Sundari-red) dalam berbagai kejuaraan dan semuanya saya yang menang. Jadi ada rasa percaya diri yang kuat sebelum tanding dengan dia, ” jelas Susi saat ditemui Barak News usai pulang sekolah di rumahnya Rabu sore (4/5).

Susi Susilawati (tengah) saat dikalungi medali emas oleh penyelenggara Piala Gubernur 2016 beberapa waktu lalu
Susi Susilawati (tengah) saat dikalungi medali emas oleh penyelenggara Piala Gubernur 2016 beberapa waktu lalu

Sebelum bertandang ke Sumedang., dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran mentargetkan minimal 4 besar. “Tahun 2015 putri saya juara 2 Tenis Meja di kelas Kadek di Piala Gubernur di Kuningan, alhamdulillah tahun ini juara 1. Ini peningkatan yang amat bagus. Waktu di Sumedang kemarin saya langsung peluk anak saya. Itu bentuk rasa bangga, ” ucap Nining Poniah, ibu dari Susi yang mendampingi putrinya bertarung pada ajang Piala Gubernur 2016.Nining mengatakan sejak keberangkatan hingga pulang seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah sehingga dirinya tidak terbebani. Ditambahkan, biaya tersebut berasal dari Disdikpora, KONI, dan PTMSI Pangandaran.

13178929_1119219928098280_5076524612867293305_n

Sementara itu, ayah Susi, Sagimin mengungkapkan sangat bersyukur putrinya pulang bukan dengan tangan kosong. Dia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terutama kepada pelatih. “Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Sakim yang hingga kini melatih anak saya. Kedua kepada Marwoto, yang melatih anak saya mulai dari nol, ” katanya. Nining menuturkan dalam waktu dekat putrinya akan kembali bertarung di ajang 02SN di Bandung 23-28 Mei 2016.

Dia berharap prestasi yang akan diperoleh pada 02SN dapat tertular dari apa yang telah direngkuh pads ajang Piala Gubernur 2016. Caption : Susi Susilawati (tengah) saat dikalungi medali emas oleh penyelenggara Piala Gubernur 2016 beberapa waktu lalu.(Aziz M)