Tingkatkan Nasionalisme Masyarakat, Anggota MPR RI, Drs Supriyanto Gelar Sosialisasi Tentang Pancasila,...

Tingkatkan Nasionalisme Masyarakat, Anggota MPR RI, Drs Supriyanto Gelar Sosialisasi Tentang Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI Serta Bhineka Tunggal Ika

78
BERBAGI

PONOROGO – Anggota MPR RI dari Dapil Jawa Timur VII, Drs. Supriyanto kembali memantapkan ideologi kebangsaan bagi masyarakat melalui Sosialisasi Tentang Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Rabu (6/6/2018) di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jatim.

Drs. Supriyanto menyebutkan betapa pentingnya Empat Pilar MPR RI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. “Empat Pilar menjadi dasar pokok untuk mengatur kehidupan bangsa Indonesia baik dalam hal penyelenggaraan tugas pemerintahan maupun pembangunan,” ujar Drs. Supriyanto dihadapan 156 orang peserta tersebut.

Empat Pilar MPR RI, lanjut Drs. Supriyanto, juga menjamin keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Empat Pilar MPR RI itu adalah, Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia, Pancasila merupakan dasar negera yang tak bisa diubah, dan sebagai pandangan hidup bangsa, kemudian NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945,” sebut Kang Pri sapaan akrab Politisi Partai Gerindra ini.

Keempatnya, tandas Drs. Supriyanto, tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tapi saling terkait dan saling menyokong sehingga tercipta kehidupan berbangsa yang aman, tenteram dan damai, saling menghormati. “Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang hukum dan semua yang terkait dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan, demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa salah satu persoalan yang saat ini menjadi pergumulan bangsa adalah persoalan moral masyarakat. “Berbagai kejahatan makin marak terjadi di mana-mana, hal ini disebabkan oleh merosotnya moral warga bangsa,” paparnya.

Belum lagi persoalan ancaman dari bangsa-bangsa lain terhadap kedaulatan NKRI. “Empat Pilar Kebangsaan merupakan jawaban guna mengatasi persoalan-persoalan yang timbul dewasa ini. Rasa nasionalisme sebagai warga negara harus dipupuk dan dikembangkan,” terangnya. (MUH NURCHOLIS)