Ada Dugaan Bagi-Bagi Proyek di Pemkab Pandeglang

Ada Dugaan Bagi-Bagi Proyek di Pemkab Pandeglang

142
BERBAGI
Dokumen Ilustrasi Banpos

Barak News.Com.Pandeglang – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menduga, bahwa program pembangunan yang dilaksanakan oleh SKPD di lingkungan Pemkab Pandeglang sarat dengan dugaan bagi-bagi proyek.

Indikasi bagi-bagi proyek ini terlihat dari sejumlah proyek pengadaan barang dan jasa yang sebagian besar menggunakan cara sistem Penunjukan Langsung (PL) dan Pemilihan Langsung.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Sekretaris IMM Pandeglang, Ahmad Fauzi usai melakukan kajian tentang peran masyarakat dalam pembangunan daerah, Senin (14/3/2016).

Dokumen Ilustrasi Banpos
                      Dokumen Ilustrasi Banpos

Dinas Cipta Karya Penataan Ruang dan Kebersihan (DCKPTRK) misalnya,berdasarkan hasil analisa dari data yang di pegang IMM Pandeglang, terdapat 729 paket kegiatan belanja barang dan jasa, di mana hanya 17 persen atau 152 paket pekerjaan yang melalui lelang umum.

“Dari 729 hanya ada 152 paket pekerjaan yang diatas angka Rp.200 juta dan sebagian besarnya di bawah angka Rp200 juta. Artinya, dapat dilakukan melalui penunjukan atau pemilihan langsung yang otoritasnya dapat dilakukan oleh pejabat di dinas bersangkutan dan dengan cara itu pejabat yang memiliki kewenangan menunjuk dapat memonopolinya ?,ungkapnya

“Penyusunan anggaran yang dilakukan Pemkab Pandeglang dari tahun ke tahun terkesan copy paste. Hal ini terlihat dari dokumen APBD yang tidak banyak mengalami perubahan.

Salah satu contohnya,paket pekerjaan peningkatan jalan dan jembatan. DCKPTRK Pandeglang hanya mengalokasikan anggaran senilai Rp.70 juta untuk salah satu titik. Dengan nominal yang sangat minim tersebut, pihaknya memprediksi, jika proyek itu hanya menggugurkan kewajiban atau asal jadi.

“Apa yang mau dibangun dari anggaran sekian, sementara masyarakat membutuhkan infrastruktur jalan yang layak dengan kualitas yang baik, jika dianggarkan hanya segitu bisabikin apa? Jangan-jangan dimasa transisi kepemimpinan di Pemda Pandeglang menjadi kesempatan bagi pejabat SKPD bagi-bagi berkat,” tukasnya. (Riz)