oleh

UNSAM Sosialidasikan Mitigasi bencana Covid-19

Berita Aceh Timur -Universitas Samudra (UNSAM) Langsa Melalui Program Studi (PRODI) Fisika mengadakan Sosialisasi Mitigasi  Bencana menghadapi Covid-19 bagi 60 siswa/siswi Tingkat SMK/SMU se Kabupaten Aceh Timur bertempat di Aula SMK Negeri 1 Peureulak, Rabu (14/9/2020).

Teuku Hasan Basri, S.Pd, M.Pd didampingi Nuraini, S.Pd, M.Pd serta Hanafiah .S.Pd, M.Pd yang juga koordinator LPPM mengatakan, manfaat dengan diadakan program sosialisasi penangan wabah virus corona (covid-19) dari kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah : Meningkatkan pemahaman di SMA Kabupaten Aceh Timur tentang menghadapai bencana yang ada di wilayah Aceh Timur.

Lanjutnya, Meningkatkan pemahaman tentang potensi yang akan dihadapi dalam suatu bencana wabah virus corona (covid-19) serta

Meningkatkan pemahaman pengetahuan dalam menghadapi bencana wabah virus corona (covid-19).

Selanjutnya, Materi yang diberikan meliputi :Simulasi penanganan mitigasi bencana wabah virus corona (covid-19).

Pertolongan pertama pada korban wabah virus corona (covid-19). Serta Tahap-tahap evakuasi. Pemanggilan darurat ke pemerintah.

Kata Hasan Basri yang juga Kepala UPT Laboratorium Dasar Unsam tersebut, Covid-19 telah menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia umunya dan Aceh khususnya.

Covid-19 tidak hanya menyerang fisik semata, namun juga melumpuhkan sendi sendi ekonomi, budaya dan agama serta gangguan sosial.

Lanjutnya, adapun kelompok yang paling rentan adalah anak anak sekolah. Maka untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Covid-19 perlu pelatihan untuk siswa/i SMA/SMK di khususnya di Aceh Timur guna merespon akan pentingnya hal dalam menanggulangi pencegahan Covid-19.

Disamping itu, memberikan pengetahuan tambahan kepada seluruh elemen pendidikan di SMA Kabupaten Aceh Timur serta  mengajarkan secara langsung bagaimana simulasi dalam menghadapi bencana wabah virus corona (vovid-19) dan juga memotovasi SMA di Kabupaten Aceh Timur untuk selalu dapat aktif dan kesiapan dalam menghadapi penyebaran wabah virus corona (covid-19).

“Siapa saja rentan terhadap bencana. Berbagai pelajaran tentang bencana yang datang melanda negeri ini, mengajarkan kita untuk senantiasa waspada” Jelas Teuku Hasan Basri yang baru menyandang status doktor di bidang kebencanaan. (Abute).

News Feed