oleh

Antusiasme dan Isak Tangis Hiasi Pasar Seni Guwang Sukawati

Berita Gianyar, wapresri – Usai berolahraga pagi dan melakukan napak tilas lokasi Bung Karno membuat pidato kenegaraan di kawasan Istana Kepresidenan Tampaksiring, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas bergegas menuju Pasar Seni Guwang Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Minggu siang (05/12/21).

Tiba di lokasi, para pedagang dan masyarakat sekitar tampak antusias dan gembira menyambut kedatangan Wapres dan tentunya Ibu Wury Ma’ruf Amin yang tampak anggun dengan pakaian kuning cerah dipadukan dengan rompi bernuansa ungu.

Wapres dan Ibu Wury menuju berbincang dengan salah satu pedagang yaitu Ni Wayan Surati (46), atau yang biasa dipanggil Ibu Ati. Sejak tahun 2001, Ibu Ati telah berjualan di Pasar Seni Guwang Sukawati, wisatawan domestik dan mancanegara silih berganti datang membeli barang jualan Ibu Ati maupun para pedagang lain.

Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat kondisi Pasar Seni Guwang Sukawati berubah 180 derajat. Keadaan pasar menjadi sepi, hingga sempat tutup selama tiga bulan yang menghambat pemasukan para pedagang. Hal tersebut membuat pemasukan para pedagang berkurang hingga merasakan tidak ada pemasukan sama sekali.

“Sebelum Covid-19 pasarnya ramai, tapi setelah Covid-19 pasarnya sepi banget, penghasilannya sedikit, sampai tiga bulan pasarnya sepi itu kita sama sekali tidak dapat penghasilan,” ujar Ibu Ati menceritakan kesulitan yang dialami para pedagang di masa Covid-19.

Isak tangis Ibu Ati pecah saat melanjutkan ceritanya kepada Wapres dan Ibu Wury.

“Di Bali ini peminatnya banyak pariwisata, kita mau kerja jadi ndak bisa. Kita jualan yang lain tetap juga penghasilannya tidak mencukupi,” ujar Ibu Ati dengan mata berkaca-kaca.

Wapres dan Ibu Wury tampak terharu menyimak kisah Ibu Ati dengan segala kesulitannya mencoba bangkit dengan sesama rekan pedagang yang lain.

Lebih lanjut, Ibu Ati menuturkan kondisi Pasar Seni Guwang Sukawati saat ini telah berangsur membaik dan mengharapkan keadaan pasar dapat kembali seperti sedia kala.

“Harapan kami semoga dengan berkunjungnya Bapak Wapres dan Ibu ke sini, semoga Bali dapat bangkit seperti dulu, khususnya kepada kami di pasar tradisional ini agar bisa normal lagi,” harap Ibu Ati dengan wajah sumringah.

Pada kesempatan tersebut, Wapres menyapa para pedagang yang didominasi oleh para ibu yang antusias menyaksikan Wapres dan Ibu Wury bisa mengunjungi Pasar Seni Guwang Sukawati. Wapres menyampaikan pemerintah terus berusaha mengendalikan Covid-19 melalui beragam program pemulihan ekonomi nasional

“Pemerintah pusat, gubernur, dan bupati terus berusaha untuk mengendalikan Covid-19 supaya para wisatawan bisa datang lagi ke sini ya,” ucap Wapres.

Menutup kunjungannya, Wapres mendoakan agar para pedagang selalu diberi kesehatan dan Pasar Seni Guwang Sukawati dapat kembali ramai seperti sedia kala.

“Sekarang memang sudah ada kenaikan pariwisata walaupun belum 100%. Semua sabar dulu ya, pemerintah mengusahakan yang terbaik. Yang penting ibu-ibu semua sehat ya,” pungkas Wapres disambut dengan riuh tawa dan tepuk tangan para pedagang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bali I Wayan Koster, Bupati Gianyar I Made Mahayastra, dan Kepala Pengelola Pasar Seni Guwang Sukawati I Ketut Karben.

Sementara Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya dan Iggi Haruman Achsien. (DAS – BPMI Setwapres)

News Feed