oleh

Menikmati Udara Pagi, Wapres Olahraga Keliling Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali

Berita Wapres RI – Suasana pagi yang cerah mengusik Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin untuk bergerak mengayunkan langkah, berolahraga sembari menikmati udara segar di sekitar Istana Kepresidenan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Minggu (05/12/2021).

Hari ini memang Wapres sedang melakukan rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Bali setelah sehari sebelumnya menutup Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tahun 2021 di Ballroom Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua.

Menginap di Istana Kepresidenan Tampaksiring, Wapres dan Ibu Wury menyempatkan diri melakukan rutinitas pagi yakni berolahraga jalan kaki mengelilingi lingkungan istana. Pancaran mentari pagi menambah segarnya suasana setelah pada sore hari kemarin diselimuti mendung dan hujan.

Pada pukul 06.30 WITA, Wapres dan Ibu Wury mengenakan pakaian olahraga berjalan menyusuri jalan-jalan di sekitar istana sepanjang kurang lebih 2,47 km dalam waktu satu jam, dengan didampingi Kepala Istana Kepresidenan (Kais) Tampaksiring Agus Wawan Herwanto.

Sesekali, langkah Wapres dan Ibu Wury terhenti untuk berbincang seputar tanaman dan hewan yang ada di sekitar istana. Dengan penuh semangat Kais Wawan pun menjelaskan kepada Wapres segala jenis tanaman dan hewan yang hidup harmonis berdampingan di lingkungan istana peninggalan Bung Karno ini.

Sebagai contoh, Wapres tampak asing dengan sebuah pohon buah mirip mangga tetapi berwarna cokelat yang tumbuh di dekat Wisma Bima.

“Ini pohon apa, rasanya seperti apa?,” tanya Wapres penasaran.

Kais Wawan pun menjelaskan bahwa pohon yang ditunjuk Wapres adalah pohon Kemang yang buahnya manis keasaman.

“Rasanya manis tetapi agak kecut,” ucap Kais sembari menunjukkan buah Kemang yang tergantung tidak jauh dari dirinya.

Tidak hanya itu, Wapres dan Ibu Wury juga tertarik dengan berbagai macam benda cagar budaya yang ada di sana, seperti Patung Dewi Saraswati.

“Ini patung Dewi Saraswati, Bapak,” terang Kais Wawan menjawab pertanyaan Wapres dengan penjelasan makna patung tersebut.

Kemudian, tinjauan berlanjut ke Museum Istana Tampaksiring yang berisi banyak lukisan karya anak bangsa.

Sebelumnya, Wapres juga sempat keluar kompleks istana untuk menyapa warga sekitar. Betapa gembiranya mereka dapat bersua langsung dengan Wapres dan Ibu Wury.

“Selamat pagi Pak. Boleh kali foto,” seloroh salah seorang warga.

Sontak saja Wapres tertawa, kemudian meminta warga yang ada agar mendekat untuk berfoto bersama. Luapan kegembiraan warga pun pecah usai permintaan berfoto tersebut dipenuhi Wapres dengan senang hati.

“Terima kasih Bapak/Ibu, semoga Bapak/Ibu sehat selalu,” ucap warga secara bersamaan mendoakan Wapres dan Ibu Wury. (EP-BPMI Setwapres)

News Feed