oleh

Puluhan Rumah Rusak Di Aceh Utara Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

BERITA ACEH UTARA – Puluhan  rumah di tiga kecamatan yaitu di kecamatan , lapang , kecamatan Baktiya barat dan kecamatan Seunuddon. Hal serupa juga dialami enam bilik santri Dayah Nurul Yakin, Ulee Reubek Barat, Seneudon porak poranda diterjang angin puting beliung, Rabu sekira pukul 18.30 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa alam itu. Namun, kerugian diprediksi mencapai angka 500 juta rupiah.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf didampingi Ka BPBD Aceh Utara, memberikan lokasi bencana dan memberikan bantuan kepada korban, Kamis sore ini.  

Puting beliung terjadi di tiga kecamatan distrik pesisir berpenduduk mencapai 650 ribu jiwa di Seneudon yang didukung ada 13 unit rumah rusak. Sedangkan di Kecamatan Lapang ada 19 unit rumah dan keude warga yang porak poranda. Sementara di Baktiya Barat ada empat unit.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Drs Amir Hamzah yang dihubugi membenarkan laporan puting beliung melanda tiga kecamatan.

“Kita masih bergantung pada TKP mendata jumlah rumah dan bilik dayah yang rusak. Saat ini masih berada di Lapang, ”kata Amir.

Hanya saja, tambah dia, data sementara yang sudah masuk terlebih dahulu menyebutkan ada sekitar 40 unit rumah / kedai yang rusak. Dan, enam bilik santriwati juga porak poranda dihantam angin.

Disinggung soal bantuan masa panik, Amir Hamzah mengatakan sesuai tupoksi maka dinas sosial akan menindaklanjuti. “Tapi, kita terus memastikan jumlah rumah yang rusak sekaligus memberikan bantuan alakadar,” papar Amir Hamzah.

Komentar

News Feed