oleh

Eksplore Kampung Baduy di Cikeusik, Kabidhumas Polda Banten Memohon Doa Kepada Tetua Adat Baduy

Berita Polda Banten – Perjalanan rombongan Kabidhumas Polda Banten selama 1 jam lebih berjalan kaki ke Kampung Baduy pada Selasa (17/08) siang melewati 4 jembatan bambu di Cikeusik akhirnya berujung di rumah panggung milik Jaro Nalim, seorang jaro tangtu dalam masyarakat adat Suku Baduy Dalam di Kampung Cikeusik. Setibanya di lokasi, Jaro Saija langsung memperkenalkan Kabidhumas Polda Banten dan rombongan kepada Jaro Nalim. “Hari ini Kabidhumas Polda Banten ingin bersilahturahmi kepada petinggi adat Suku Baduy Dalam,” hantaran Jaro Saija kepada Jaro Yasin.

Sesaat setelah mendengar penjelasan dari Jaro Saija, Jaro Yasin meminta utusannya untuk memohon kesediaan Puun Yasih, pimpinan adat tertinggi di Kampung Cikeusik, bersama menerima kedatangan rombongan Kabidhumas Polda Banten. Tidak menunggu lama, Puun Yasih pun datang dan ikut berbincang bersama dengan Kabidhumas Polda Banten dan bhayangkari.

“Kami datang bersilahturahmi dengan para tetua adat Suku Baduy di Kampung Cikeusik selain untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di Polda Banten, kami juga memohon doa dan bimbingan dari sesepuh adat sebagai orangtua kami, dengan harapan kami dapat menjalankan tugas dengan baik dan senantiasa sehat,” kata Akbp Shinto Silitonga. Puun Yasih dan Jaro Yasin menyambut baik tujuan kehadiran Kabibdhumas dan berpesan bahwa setiap insan manusia perlu menjaga keseimbangan alam semesta, jangan sampai merusak lingkungan karena sumber kehidupan manusia didukung dari lingkungan hidup tersebut. “Semoga Bapak Kabidhumas dapat sehat selalu dan bekerja dengan baik menjaga keamanan dan kelestarian alam di Banten,” kata Jaro Yasin.

Kunjungan Kabidhumas Polda Banten berlangsung bahkan hingga sore hari, dan sekitar pukul 16.30 Wib, rombongan mohon diri dari Puun Yasih untuk kembali ke Serang. “Sungguh ini merupakan pengalaman yang sangat menarik dan penting bagi kami dalam mengawali tugas di fungsi humas Polda Banten,” tutup Akbp Shinto Silitonga
[18/8 16.11] Darus Keponakan: *Press Release Bidhumas Polda Banten*

*Tinjau Vaksinasi Mahasiswa Cipayung Plus Banten, Kapolda Banten Himbau Prokes*

*Kapolda Banten Himbau Prokes saat Pelaksanaan Vaksinasi Mahasiswa Cipayung Plus Banten*

Kota Serang – Polda Banten menggelar serbuan vaksinasi dalam rangka membentuk herd immunity bekerja sama dengan Cipayung Plus Banten yang merupakan gabungan dari KAMMI, PMII, GMNI, HMI, IMM, GMKI, di Poliklinik Biddokkes Polda Banten. Rabu (18/8/2021).

Dalam pelaksanaannya Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto menghimbau kepada mahasiswa penerima Vaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan diantaranya, wajib menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan ketika masuk ke areal vaksinasi.

Adapun Mekanisme kegiatan Vaksinasi Covid-19 terhadap mahasiswa penerima vaksin yaitu melaksanakan Pendaftaran dan Verifikasi, lanjut melakukan Skrining, kemudian Vaksinasi dan Melaksanakan pencatatan serta Observasi selama 30 menit.

“Penerapan Prokes sangatlah penting dilakukan, disamping untuk melindungi diri kita juga untuk melindung orang lain” Jelas Rudy Heriyanto

Rudy Heriyanto berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar saling mengingatkan saudaranya maupun tetangganya yang belum mengikuti vaksin agar segera melaksanakan vaksinasi.

Sementara itu Kabidhumas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga menyampaikan dilaksanakannya vaksinasi massal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Program ini merupakan lanjutan dari program lanjutan vaksinasi nasional. Sesuai dengan tagline kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Polda Banten akan terus bersinergi dengan adik-adik mahasiswa dengan komunitas-komunitas untuk melakukan akselerasi si percepatan pelaksanaan vaksinasi sehingga herd immunity di wilayah Banten dapat dengan segera terealisasi,” kata Shinto Silitonga

Terakhir Shinto Silitonga mengatakan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 mahasiswa Cipayung Plus Banten, Polda Banten dan Polres Serang Kota menerjunkan personel pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan.

“Kita siagakan personel untuk mengawal dan mengawasi protokol kesehatan pada vaksinasi mahasiswa,” ujar Shinto Silitonga (darus/Bidhumas)