oleh

Konsistensi di Era Digitalisasi, DPK KNPI Malingping Gelar Dialog Interaktif

Baraknews Polres LEBAK -Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Malingping menggelar Dialog Interaktif “Konsistensi Karakter Pemuda di Era Digitalisasi”, bertempat di Aula Pendopo Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak Minggu, (18/09/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, Pengurus DPD KNPI Kabupaten Lebak, Pengurus MPI dan Dewan Penasehat DPK KNPI Malingping, Ketua dan Pengurus DPK KNPI Malingping, para OKP di Kecamatan Malingping, dan puluhan peserta diskusi yang didominasi oleh kalangan pelajar jenjang SLTA. Selain itu, nampak hadir pula para Nara Sumber yakni Dr. Dena Widyawan, M.Pd. (Akademisi), Nukman Palutfi, S.Ip. (Founder Eksekutif Poros Politik Zilenial) dan Apipi Albantani (Komisioner KPID Prov. Banten).

Dalam sambutannya, Ruki Riswanto, Ketua DPK KNPI Kecamatan Malingping, bahwa dalam kegiatan ini ada hal yang akan sampaikan. Ada 3 program kerja prioritas dalam jangka panjang, yaitu KNPI Mengaji, Kader Penggerak Literasi Digital, Kelas Berpikir.

“Melalui konsep gerakan 3 program kerja ini diharapkan keberadaan KNPI bisa menjadi lebih bersinergi serta mampu memberikan yang terbaik untuk semua pihak. KNPI Malingping harus memiliki akhlak yang baik, penggerak digitalisasi, serta terus melakukan kajian kajian terkait isu-isu yang ada,” kata Ruki Riswanto.

Ditempat yang sama, Ubed Jubaedi, Dewan Penasehat DPK KNPI Malingping, menuturkan, pemuda harus mempunyai mimpi dan cita-cita, serta harus bermanfaat untuk masyarakat.

“Mari kita berikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan, KNPI adalah mitra pemerintah kecamatan Malingping,” kata Ubed Jubaedi atau yang kerap disapa Jaro Bedi

Ketua MPI DPK KNPI Malingping, Hida Nurhidayat, sekaligus mewakili ketua DPD KNPI Kabupaten Lebak, menyampaikan, Dialog interaktif ini tentu sangat bagus, isu seperti ini harus dimunculkan, pemuda harus khawatir terhadap hal yang merugikan masyarakat.

“Saat ini, pengetahuan – pengetahuan ada ditangan kita, tinggal bagaimana kita menangkap itu semua. Kita manfaatkan digitalisasi ini dengan baik. Kita harus mengolah dan mengintip masa depan. Teknologi bagian daripada hasil dari sebuah peradaban,” terangnya.

Sebelum memasuki materi diskusi yang dipandu oleh Nasyudin, dalam kegiatan itu juga dilangsungkan dengan launching 3 (tiga) program kerja DPK KNPI Kecamatan Malingping, yang disampaikan oleh David Sultan dan M Holiludin.

Nampak dalam diskusi interaktif itu, para peserta menyimak pemaparan dari para Nara Sumber.

Nara sumber pertama yaitu Nukman Palutfi, S.Ip. (Founder Eksekutif Poros Politik Zilenial), menjelaskan tentang Peran Pemuda dalam Mengambil Peran di Era Digital. Menurutnya, Kaum GEN Z harus melek (sadar) politik, Mendorong aktif dalam upaya melakukan perubahan perubahan kebijakan pemerintah.

Nara sumber berikutnya, Apipi Albantani (Komisioner KPID Prov. Banten), memaparkan secara gamblang terkait Informasi dan Berita, serta dampak dari hoaks.

Sementara, nara sumber terakhir, yakni Dr. Dena Widyawan, M.Pd., Akademisi asal Malingping ini, peran pemuda di era digital harus berakhlak yang berarti Berorientasi kepada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Para peserta pun melayangkan berbagai pertanyaan dan langsung terjawabkan oleh para Nara sumber dengan gamblang dan jelas.(*)