oleh

Pj. Sekda Minta Data Berkualitas, Indikator Utama Keberhasilan Pembangunan

Berita Kab. Pandeglang-Salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan suatu pembangunan dapat dilihat dari kondisi data yang berkualitas. Karena pada dasarnya, data sangat diperlukan sebagai acuan dalam pengambilan suatu kebijakan guna mencapai tujuan pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan Pj. Sekretaris daerah (Sekda) Taufik Hidayat, saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Pandeglang Satu Data di Pendopo, Kamis (21/10/2021).

“Data harus berkualitas, karena memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Sehingga kebijakan yang diambil bisa tepat sasaran. “Oleh karena itu, Pandeglang satu data sangat penting untuk mempermudah pelayanan dan penyajian suatu data yang berkualitas serta bisa dipertanggung jawabkan, “ucap Taufik.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Pandeglang satu data adalah kebijakan yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data. Sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan melalui perbaikan tata kelola data Pemerintahan, “tuturnya.

“Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas, tepat guna, tepat sasaran dan berkelanjutan, begitu juga sebaliknya pembangunan yang berkualitas akan menghasilkan data yang berkualitas, “terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Pandeglang Girgi Jantoro mengatakan. Kegiatan FGD Pandeglang satu data lebih tahapan diskusi, kaitan dengan Pandeglang satu data kita sudah memiliki portal Pandeglang satu data dan aplikasinya saat ini sedang di upgrade, “kata Girgi.

Ia menambahkan, Pandeglang satu data akan lebih memudahkan bagi masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengakses data yang diperlukan.“ Masing-masing OPD memiliki indikator yang berbeda-beda. Maka dari itu, Pandeglang satu data sebagai solusi untuk menghasilkan data yang akurat dan berkualitas, “tambahnya. KI2

News Feed