oleh

Pimpin Apel Pagi, Kabid Humas Polda Banten Sampaikan Tema Dalam Manajemen Media Bulan Desember

Berita Bidhumas Polda Banten , Serang- Sebelum pelaksanaan tugas sehari-hari, seluruh personel Bidhumas Polda Banten terlebih dahulu melaksanakan apel pagi Satker (Satuan kerja) yang dipimpin langsung Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga pada Senin (06/12).

Dalam kesempatan apel pagi kali ini Shinto meminta personel untuk selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, jangan sampai telat makan dan banyak minum air putih.

Kegiatan ini sebagai bentuk komunikasi dua arah antara pimpinan dan anggotanya. Selain itu, sebagai sarana penyampaian arahan kebijakan pimpinan, agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan sesuai dengan arah kebijakan pimpinan. Personel mengikuti apel dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Selanjutnya Shinto menyampaikan beberapa tema dalam manajemen media bulan Desember. “Ada beberapa tema dalam manajemen media bulan Desember yang harus di publikasikan yaitu Swab Test Random yang dilaksanakan di pos pengamanan dan pos pelayanan, adapun kegiatan pelayanan pos pelayanan tersebut adalah cek surat keterangan bebas Covid-19 yang menjadi persyaratan perjalanan, hal ini dapat dijadikan peluang oleh pihak lain untuk membuat surat keterangan bebas Covid-19 palsu, jika ada ungkap kasus pemalsan tersebut oleh fungsi Reskrim maka akan berdampak besar bagi publik serta mereduksi aktivitas mudik,” ujar Shinto.

Kemudian Shinto menambahkan pemberlakuan ganjil genap kendaraan didestinasi wisata saat Nataru dapat dilakukan liputan ketika personel memutar balik kendaraan yang tidak sesuai saat melintas ke arah objek wisata di Pospam. Selanjutnya Operasi Pekat menjadi operasi cipta kondisi jelang Operasi Lilin dengan sasaran penyakit masyarakat seperti judi, miras, prostitusi, Sajam, knalpot bising, narkoba, petasan dan sasaran lainnya dengan hasil operasi dapat disampaikan kepada publik melalui pressconference.

Setelah itu cek kesiapan Prokes tempat ibadah dan tempat wisata sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmedgari) nomor 62/2021 yang meminta agar Satgas Covid-19 diaktifkan kembali dan dapat dilakukan pengecekan sarana Prokes bersama Satgas Covid-19 berupa sarana cuci tangan, handsanitizer, thermo gun, sarung tangan plastik, masker dan menyiapkan aplikasi pedulilindungi.

Selanjutnya Shinto menambahkan tentang waspada bencana dan pengamanan Nataru. “Waspada bencana dapat dilakukan dengan apel besar lintas sektoral tentang kesiapan hadapi bencana kemudian sosialisasi potensi gempa dan tsunami besar di wilayah pesisir, datang ke kampung nelayan, berbagi sarana kontak pelampung, dan penyampaian lisan pakai TOA keliling kampung nelayan oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa tentang waspada bencana juga prokes. Kemudian rencana pengamanan Nataru seperti pola pengamanan, pelibatan pers dan cara bertindak dalam Renpam,” ujar Shinto.

Shinto menekankan dalam kegiatan tersebut untuk dapat dipublish secara maksimal. “Agar kegiatan dalam tema manajemen media bulan Desember dapat diangkat oleh media TV, media mainstream, life interaktif diradio, podcast dan disosialisasi ke komunitas sehingga efek amplinya besar dan dapat mereduksi mobilitas massa,” tambah Shinto.

Pada kesempatan ini juga Kabid Humas Polda Banten kembali mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh personel untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. “Dalam setiap kegiatan personel Bidhumas Polda Banten untuk selalu menerapkan protokol kesehatan baik di lapangan maupun di kantor,” tutup Shinto. (Bidhumas)

News Feed