oleh

Polda Banten dan Instansi Terkait Mengikuti Rakor Nataru dengan Kakorlantas Polri dan Menteri Perhubungan

Berita Polda Banten– Polda Banten bersama instansi terkait melaksanakan vidio conference (Vicon) dari Koorlantas Mabes Polri dan Kementrian Perhubungan untuk persiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun baru 2022 di ruang Vicon Polda Banten pada Jumat (10/12).

Kegiatan vicon dihadiri oleh Dirlantas Polda Banten KBP Rudy Purnomo, Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja (Persero) Banten, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Banten, Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael dan pejabat utama Ditlantas serta para Kasat Lantas Polres jajaran Polda Banten mengikuti dari ruang Vicon masing-masing kesatuan.

Turut hadir dalam kegiatan Vicon Kakorlantas Polri IJP Firman Santyabudi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kakorlantas Polri IJP Firman Santyabudi menyampaikan arahan dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Mabes Polri dan jajaran satuan wilayah (Satwil) didukung TNI, Kementrian dan Lembaga serta stakeholder terkait melaksanakan operasi Kepolisian terpusat dengan mengedepankan sandi LILIN 2021 di seluruh Wilayah NKRI dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dan penegakan hukum secara simpatik persuasif serta humanis dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sehingga masyarakat dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Target dalam operasi Lilin 2021 terciptanya Kamseltibcar lantas, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan Fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan cara pembatasan mobilisasi masyarakat, dan lancarnya distribusi logistik dan BBM.

Obyek pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yaitu Gereja, Terminal, Pelabuhan, Bandara, Stasiun Kereta Api, Pasar atau Pusat perbelanjaan, obyek Wisata dan obyek malam pergantian tahun.

Kegiatan yang dalam Ops Lilin 2021 yaitu melakukan sosialisasi masive melalui media cetak, Elektronik dan Medsos tentang Prokes, melaksanakan PCR dan swab jika akan bepergian dan mencegah kerumunan serta tertib berlalu lintas. Mendirikan Pos pelayanan terpadu, di tempat Ibadah Gereja, obyek wisata, rest area dan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan. Mencegah kegiatan Pesta malam tahun baru baik ditempat tertutup dan terbuka, jika ditemukan lakukan penegakkan hukum, libatkan petugas kesehatan untuk random cek swab antigen dan Penerapan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Dibahas juga dalam kegiatan Vicon tersebut tentang penerapan ganjil-genap pada beberapa ruas jalan tol yang akan di mulai dari 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Dirlantas Polda Banten KBP Rudy Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi melalui Vicon dengan Kakorlantas Polri dan Menteri Perhubungan untuk menyampaikan tentang kesiapan Polri dan Kementrian Perhubungan dalam menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kegiatan rapat koordinasi melalui Vicon hari ini dengan bapak Kakorlantas Polri dan Menteri Perhubungan untuk menyampaikan tentang kesiapan Polri dan Polda Jajaran serta Kementrian Perhubungan pada pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”kata Rudy Purnomo.

“Beberapa hal tadi sudah disampaikan oleh Bapak Kakorlantas Polri tentang kegiatan-kegiatan dan cara bertindak yang harus kita lakukan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, salah satunya yaitu pemberlakuan ganjil-genap dibeberapa ruas jalan tol, untuk Polda Banten akan diberlakukan ganjil-genap di ruas jalan Tol Tangerang-Merak dari Gerbang Tol Cikupa sampai dengan Gerbang Tol Merak,” tutup Dirlantas Polda Banten.(Bidhumas)

News Feed