Ratusan Peserta Ikuti Diskusi Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome

Berita Pemkab Lebak-, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak menggelar Virtual Meeting dengan tema “Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Sebagai Jalan Baru Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan”. Kegiatan diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari unsur pelajar tingkat SMA/sederajat, Mahasiswa, serta beberapa organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Lebak baik melalui platform zoom meeting maupun live di aplikasi youtube.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya Pemkab Lebak untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam mewujudkan Geopark bayah dome menjadi geopark nasional sekaligus menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan geopark bayah dome menjadi jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan.

Dalam penyelenggaraan pembangunan Geopark Bayah Dome sangat diperlukan peran pemuda dalam hal pengawasan dan kontrol sosial kebijakan dari Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan, hal ini dikarenakan pemuda memiliki idealisme yang tinggi serta kemampuan yang masih stabil dibandingkan dengan masyarakat usia non produktif. Hal tersebut disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya pada virtual meeting forum diskusi terkait Geopark Bayah Dome, Kamis (15/04/2021).

“Untuk itu dalam kesempatan ini, saya mengajak pemuda mari berpartisipasi dan berperan lebih dalam pengembangan Geopark Bayah Dome kedepannya, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban kepada masyarakat” Jelas Bupati.

Kegiatan diisi dengan beberapa narasumber salah satunya Prof. Mega Fatimah Rosana Assessor UNESCO Global Geopark yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik Geologi UNPAD.

Dalam paparannya Mega menjelaskan dengan singkat terkait Geopark Bayah Dome serta beberapa misi Geopark tersebut diantaranya; Melestarikan keragaman geologi, budaya, dan hayati melalui upaya konservasi untuk menjaga keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan, mengembangkan pendidikan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dalam memuliakan warisan bumi, serta embangun perekonomian masyarakat yang berkelanjutan berbasis pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Peran yang anda bisa ambil sebagai para pemuda untuk bisa turut terlibat bersama-sama untuk menjaga kelestarian geologi, budaya dan juga hayati seperti, turut serta dalam berbagai aktifitas Konservasi Keragaman Geologi, Keanekaragaman Hayati, dan Keragaman Budaya, kemudian terlibat langsung dalam program Pengembangan Perekonomian masyarakat secara berkelanjutan melalui penciptaan karya-karya yang kreatif dan inovatif berbasis potensi lokal, serta turut menjaga dan memelihara fasilitas Sarana dan Prasarana Pendukung yang tersedia di kawasan geopark” Ucap Mega.

Para pemuda juga diminta untuk aktif berperan dalam pengembangan, pendidikan, penelitian, dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bumi dan kebudayaan lokal.(Js) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten