TMMD Ke 109 Di Kecamatan Patia, Permudah Aksesbilitas Antar Desa

Berita Kab. Pandeglang – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sudah tidak dapat terkelakan memiliki dampak yang sangat postitif bagi masyarakat. Pasalnya, saat ini masyarakat kesulitan aksesbilitas jika hendak menjangkau tiga desa yaitu Desa Patia, Babakan Kesik, dan Desa Pasir Kadu.

“Dengan adanya TMMD kami yakin aksesbilitas masyarakat jadi lebih mudah,” demikian disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat membuka kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Pendopo Pandeglang, Selasa (22/9/2020).

Anggaran TMMD ke 109 dialokasikan dari hibah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pandeglang sebesar 1 miliar rupiah. Kata Irna, jika harus menggunakan kontrak kerja dengan pihak ketiga, anggaran tersebut tidak akan cukup untuk membuka jalan sepanjang kurang lebih 3,4 km.

TMMD ini merupakan kolaborasi cantik antara pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat, kami merasa terbantu. Jika jalan tersebut selesai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.” Pungkasnya.

“Jalan tersebut nantinya akan menjadi exit tol Serang – Panimbang, jelas ini efek nya bagi ekonomi masyarakat.” Tandasnya.

Komandan Kodim 0601 Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi mengatakan, kegiatan TMMD merupakam operasi bakti TNI dalam membantu pemerintah guna proses percepatan pembangunan, dan terbangunnya kerjasama lintas sektoral.”Pelaksanaan TMMD biasa kami lakukan di daerah terpencil, yang aksesbilitasnya belum terbangun.” Terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada TMMD 109 ini akan dibangun jalan sepanjang 3,4 km dengan lebar 8 m. “Kegiatan pra TMMD dimulai dari sejak tanggal 24 Agustus – 21 September. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari sejak pembukaan 22 September -21 Oktober 2020,” ujarnya.

Masih kata Letkol Kav Dedi Setiadi, personil yang diturunkan sebanyak 150 personil, yang tergabung dari TNI, Polri, Tenaga Medis, dan Tenaga Teknis. “Di jalan sepanjang 3,4 Km akan dibangun sebanyak 10 gorong – gorong, dan 1 Mushola. Kegiatan lainnya pada TMMD ini yaitu sosialisasi diantaranya wawasan kebangsaan.” Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kolonel Inf Abdul Jamali Kasiter Kasrem 064/MY, AKBP Dwianto Nugroho Kasat Brimob Polda Banten, Letkol CKM Herlambang Kakesrem Serang, Letkol Inf Faurizal Noerdin Danyonif 320/BP, Letkol Inf Nuryahyudi Dandim 0603 Lebak, Mayor CPM Cepi. S Dandenpom Serang, Mayor Arm Suherman Kasdim 0601 Pandeglang, Mayor Marinir Ahmadi Kalaksa Lanal Banten, Mayor Inf Joni Karmadi (Purn) Ketua Pebabri Pandeglang, Para Danramil Jajaran Kodim 0601 Pandeglang, Suwarno SH Kajari Pandeglang, dan Ramadani Asda Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Para Kepala OPD Kabupaten Pandeglang. RIZ No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten