oleh

Sejalan Dengan Tujuan Nasional, Bupati Sebut RPJPD Ciamis Disusun Untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

CIAMIS – Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis tahun 2025 digelar Pemkab Ciamis.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut berpusat di Aula Bappeda Ciamis (23/01) dan diikuti oleh para kepala OPD, Kepala Desa Kelurahan serta berbagai unsur seperti pimpinan instansi vertikal, BUMN/ BUMD, organisasi kemasyarakatan baik secara langsung maupun virtual.

Dalam kesempatannya, Bupati Ciamis menyebutkan RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 telah sejalan dengan tujuan nasional yakni disusun dalam rangka mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 mendatang.

Dimana beberapa tujuan nasional tersebut adalah peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan lapangan berusaha serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing.

“RPJPD selanjutnya akan dijadikan pedoman dalam penyusunan RPJMD untuk jangka waktu 5 tahunan yang selanjutnya RPJMD dimaksud dijadikan pedoman untuk perencanaan tahunan berupa rencana kerja pemerintah daerah,” Ungkap Bupati.

Adapun RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025 berpedoman pada rencana pembangunan daerah tahun 2025 – 2026 yang merupakan dokumen perencanaan jangka menengah transisi sebelum tersusunnya RPJMD yang baru.

“Arah kebijakan dan program strategis yang termuat dalam RKPD tahun 2025 diharapkan dapat menjaga kesinambungan arah kebijakan pembangunan pada periode sebelumnya, sehingga hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai selama ini dapat terus ditingkatkan,” paparnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, kegiatan Forum Konsultasi Publik ini sebagai bentuk pendekatan partisipatif dalam penyusunan dokumen perencanaan yakni dokumen yaitu Ranwal RPJPD tahun 2025-2045 dan Ranwal RKPD tahun 2025.

“Tahapan ini merupakan salah satu tahapan penyusunan dokumen perencanaan yang bertujuan untuk membuka secara luas partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah, ” Ujar Bupati Herdiat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H. Dede Herli dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kegiatan ini sejatinya harus dapat merumuskan rencana pembangunan Kabupaten Ciamis kedepan.

“Out putnya diharapkan terbentuknya Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 dan Ranwal RKPD Kabupaten Ciamis 2025 yang menciptakan kemajuan, kesejahteraaan dan keadilan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

*PROKOPIM CIAMIS* No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten