oleh

Peresmian Saluran Pembawa Air Baku Intake Putrapinggan ,Oleh Bupati Jeje Wiradinata

Kabupaten Pangandaran—Bupati pangandaran H. Jeje Wiradinata, dalam acara peresmian saluran pembawa air baku , di Putrapingan kecamatan Kalipucang. Pada hari Senin 29 Januari 2024 menyampaikan, dalam rangka meningkatkan kualitas karena dimasyarakat sering mengeluh suka ada yang bilang kalau kemarau susah air tapi kalau musim hujan keruh/butek.

Karena dulu ini nempel ke sungai kadang kadang banyak sampah sekarang udah lebih manusiawi sudah bagus dibawah di endapkan.

Masih dikatakan Bupati, Saat ini Untuk di perhotelan ada 5000 kamar kalau sehari 1/2 atau setengah kubik sebulan sudah 75 ribu kubik.

Setahun, sudah jutaan kubik itu yang bahaya karena erosi air laut bisa masuk daratan kan bahaya rusak .
maka air bawah tanah ini akan ditangani agar kesadaran masyarakat pemilik hotel untuk mengalihkan ke PDAM dan sekarang sedang dihitung berapa harga biaya nya itu kan tarip industri, industri kan dibawah 12 ribuan.


Masih dikatakan Bupati , nanti kan antara pengguna air bawah tanah dengan PDAM harganya jangan sampai lebih tinggi operasional mereka ,nanti kan kita punya kemampuan sekarang aja lebih kecil 30% tetapi belum terserap.
Kalau hotel diserap tapi kita harus berbenah salah satunya , saluran air dan kita bekerja sama dengan krakatau stil itu punya kapasitas yang luar biasa.

Sekarang kita belum dipergunakan dengan baik persoalan nya masyarakat masih mempergunakan air bawah tanah, maka kita membuat staf kusus agar bagai mana kesadaran ada perubahan menggunakan PDAM .
Dan sekarang bertahap yang besar besar dulu seperti hotel hotel dan perlu orang yang sabar tekun , kebetulan pak Andis orang sini tahu situasi di Pangandaran.
Tapi kita harus berbenah dulu, ujar Bupati.

Masih dalam kesempatan yang sama , direktur PDAM Pangandaran Agus Teguh mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kami , karena dengan air baku lebih bagus karena saluran air baku punya kita sekarang lebih bagus.

Insya alloh kualitas pengolahan air nya pun lebih baik artinya , peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat. Dalam hal pelayanan lebih meningkat yang kedua sesuai dengan regulasi bahwa air pembawa air baku harus didalam area olahan.

Dulu kami saluran nya cuman nempel di bibir sungai , sekarang sudah di bawa ke area kami dan kami proses pengendapan dulu, baru diproses masuk ke pompa intek nisasi jadi jauh lebih baik air baku nya, lumpur pun tidak terbawa karena terbuang ke proses pengendapan.

Dan sumber air baku ada di sungai putrapinggan Ciraten, Parigi, Bojong malang dan Sucen dari Citumang.
Jadi 3 sama di Kalipucang dilahan perhutani.

Ke depan kita akan melakukan pengembangan dan sudah penanda tangan perjanjian kerjasama bupati sudah mou bupati sudah menanda tangan untuk pengembangan.

Di Putrapinggan sendiri ingin menjangkau hotel – hotel kita ingin menambah kapasitas dan kualitas air yang tidak produksi dan sekarang sudah 4000 pelanggan.

Salah satu pekerjaan rumah PDAM adalah , menambah cakupan layanan artinya , semakin banyak masyarakat yang dilayani sama kita dan itu perlu kesiapan dan sedang dilakukan seperti perbaikan intek,rehabilitasi ipal.serta jalur pipanisasi dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Dan ini karena sudah tua jadi secara pelan -pelan berbaikan pipanisasi secara bertahan karena modal nya cukup besar hampir 200 miliar kita pioritas dulu, yang mana sehingga bisa mengurangi tingkat kebocoran sekarang kita diatas 30% tingkat kebocoran.”paparan nya”

( upi) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten