oleh

Bupati Ciamis Hadiri Pelantikan ICMI Organisasi Daerah Kabupaten Ciamis Periode 2021-2026

Berita Kab.Ciamis – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kabupaten Ciamis Periode 2021-2026 resmi dilantik Oleh Sekretaris ICMI Organisasi Wilayah (ORWIL) Jawa Barat Prof. Dr. Ujang Saefulah di Gedung PKK Ciamis, Rabu (28/04/2021).

Hadir di acara tersebut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Sekretaris dan bendahara ICMI ORWIL Jawa Barat, Sekretaris Daerah Ciamis serta para pengurus ICMI Periode 2021-2026.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ciamis mengatakan ICMI didirikan dalam rangka meningkatkan kemampuan Islam dalam bidang pengetahuan dan tehnologi.

Menurutnya, sebagai suatu bentuk organisasi ICMI merupakan jembatan penting masyarakat muslim yang dapat menghubungkan antara tuntutan ajaran agama dengan realitas sosial yang terus berlangsung tanpa mengenal henti.

“ICMI hendaklah memiliki wawasan yang luas tentang agama dan masyarakat, keseimbangan antara keislaman, wawasan pengetahuan dan kemasyarakatan yang merupakan instrumen penting bagi organisasi ICMI,” Ucap Bupati.

Beliau berharap ICMI dapat tampil terdepan dalam kebaikan dan mampu menghadapi tantangan yang ada di masyarakat dalam memasuki era industrialisasi.

“ICMI memiliki peran yang penting dan strategis, saya yakin dan percaya ICMI akan mampu mengalami pendalaman dan penerapan kesalehan sosial di kalangan para kadernya serta menularkannya di kalangan masyarakat luas, ” Jelasnya.

Sehingga ICMI benar-benar menjadi suatu organisasi yang mampu memadukan antara kekuatan struktural dan kekuatan kultural atau moralitas dalam melaksanakan setiap tugas pokok fungsi dan peranannya.

Dikatakan Bupati sebagai organisasi mandiri ICMI diharapkan dapat menerapkan peran dan fungsinya dan juga dapat mengembangkan kontribusinya dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

“Kami Pemerintah Daerah ingin selalu bergandengan tangan dan bekerjasama dengan ICMI dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi Visi Misi Kabupaten Ciamis, ” Pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris ICMI ORWIL Jawa Barat Prof. Dr. Ujang Saefulah mengatakan mengatakan bahwa pengurus ICMI Orda Kabupaten Ciamis yang baru dilantik diharapkan bisa melaksanakan amanah organisasi.

“Tujuan seorang cendekiawan yaitu, kepedulian terhadap lingkungan masyarakatnya. Karena seorang cendikiawan memiliki kemampuan untuk berpikir objektif, jernih, rasional, kritis dan sistematis, tetapi didasari dengan nilai-nilai yang baik dan benar,” tegas Ujang.

Beliau berharap ke 5 program ICMI yakni kualitas imtaq, kualitas pikir, kualitas karya, kualitas kerja dan kualitas hidup dapat menjadi program di daerah masing-masing sesuai dengan potensinya.

“Mari kita kembangkan ICMI di daerah kita masing-masing, terutama membangun sumber daya manusia yang dapat mencerahkan, ” Tambahnya.

*PROKOPIM CIAMIS*
*Kepala Bagian Prokopim*
*Setda Kabupaten Ciamis*
*Ani Supiani, ST., M.Si,*

News Feed