oleh

*Bupati Ciamis Ikuti Rakor Nasional Evaluasi Perkembangan Pelaksanaan PPKM Mikro

Berita Polres Majalengka – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya ikuti rapat koordinasi Nasional terkait evaluasi perkembangan Pelksanaan PPKM skala mikro secara virtual bertempat di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Senin malam (14/06/2021).

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah baik tingkat provinsi maupun tingkat Kabupaten dan kota se Indonesia melalui virtual.

Untuk Kabupaten Ciamis diikuti oleh Bupati dengan didampingi oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Unsur Forkopimda Ciamis.

Mengawali arahanya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pelaksanaan PPKM mikro tahap 10 dimulai sejak tanggal 15 Juni sampai dengan 28 Juni 2021.

“PPKM Mikro diperpanjang 2 minggu ke depan sambil terus di evaluasi dan memperketat protokol kesehatan serta mendorong percepatan testing, tracing dan pelaksanaan Isolasi, ” Ucapnya.

Menurutnya tren peningkatan kasus Covid 19 perlu segera dikendalikan agar tidak mengganggu upaya pemulihan ekonomi, sehingga perlu penguatan kerjasama antara pusat dan daerah.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam paparanya mengintruksikan kepada seluruh Kepala Daerah untuk membuat turunan Surat Edaran dari Instruksi Mendagri sesuai dengan perkembangan kasus covid-19 di daerahnya masing-masing.

Serta agar segera menggelar rapat lanjutan bersama forkopimda, untuk membahas strategi dan langkah-langkah tepat yang harus dilaksanakan.

“Selain itu juga dari tingkat kecamatan ke bawah sampai ke tingkat RT wajib adanya posko-posko sehingga ketika ada zonasi yang merah akan dapat segera di atasi dan tidak berdampak luas “. Terangnya

Terakhir, Kasatgas Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Ganip Warsito mengevaluasi bahwa besar jumlah posko yang dibentuk belum linear dengan penurunan jumlah kasus dan perlu intensifikasi 4 pungsi posko diantaranya adalah pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

Menurutnya, pembentukan posko yang dibarengi dengan optimalisasi fungsi posko berhasil menurunkan tren angka kasus.

“Adapun 5 saran yang harus di tindak lanjuti, dianyatanya adalah sumber daya operasionalisasi giat penanganan covid-19, penguatan tracing dan tracking, monitoring dan supervisi aktif dari Pemda, rakor rutin dan kolaborasi sinergis, dan terkahir adalah pengawalan soliditas unsur posko,” Papar…

“Semoga langkah-langkah kita dalam mencegah terjadinya perkembngan Covid-19 dapat kita tanggulangi bersama, ” Pungkasnya

*PROKOPIM CIAMIS*
*Kepala Bagian Prokopim*
*Setda Kabupaten Ciamis*
*Ani Supiani, ST., M.Si,*

News Feed