Bupati Ciamis Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Berita Kab.Ciamis – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjadi Inspektur Upacara di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di halaman Pendopo Bupati, Jum’at (1/10/2021).

Seperti tahun sebelumnya, upacara peringatan hari kesaktian pancasila tingkat Kabupaten Ciamis dilakukan secara sederhana dengan dilakukan secara langsung dan virtual.

Mengawali upacara, Bupati memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, utamanya pahlawan-pahlawan revoluasi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Bupati.

Dalam upacara, naskah pancasila dibacakan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Sedangkan naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dibacakan oleh Danramil 1305 Cihaurbeti Mayor Inf. Junaidi S.I.P.

Sementara itu, Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana membacakan naskah Ikrar. Rangkaian upacara ditutup dengan doa yang dibacakan Kepala Menteri Agama Ciamis H. Asep Lukman Hakim.

Sebagai informasi, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan sebagai wujud untuk mengenang dan menghormati para jasa Pahlawan Revolusi. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah Orde Baru.

Penetapan hari ini pun terkait erat dengan peristiwa yang biasa disebut Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Turut hadir dalam upacara diantaranya , Sekda Kabupaten Ciamis, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para tamu undangan lainya.

  No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten