Bupati Ciamis Lepas Satwa Liar Kukang Jawa di Cagar Alam Nusa Gede Panjalu

Berita Kab.Ciamis— Guna menjaga dan melindungi perkembangan satwa liar, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melepas secara langsung kukang jawa (Nycticebus Javanicus) ke habitatnya di Nusa Gede Panjalu Kecamatan Panjalu pada kamis, (12/08/2021).

Terdapat 12 ekor Kukang Jawa yang di lepas ke habitatnya di kawasan panjalu diantaranya 3 ekor di Nusa Gede Panjalu dan 9 ekor di kawasan esensial.

Diketahui kegiatan pelepasan satwa liar tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari acara menghidupkan kembali eksistensi nusa gede Panjalu sebagai kawasan cagar alam Koorders yang diselenggarakan oleh Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Selain pelepasan satwa liar juga dilaksanakan kegiatan penanaman pohon, penamaan pohon serta orasi ilmiah dan orasi budaya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen Konservasi SDAE Kementerian LHK, Kepala Balai Besar KSDA Jabar, Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD Ciamis, Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, Camat Panjalu, Kepala Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis mengatakan bahwa cagar alam nusa gede Panjalu merupakan cagar alam tertua di Indonesia.

“Sebelumnya saya pernah bertugas selama 7 tahun di Panjalu sebagai Sekmat, dari sana saya mendengar bahwa cagar alam nusa gede Panjalu ini merupakan cagar alam tertua di Indonesia, ” Ungkap Bupati.

Bupati Herdiat mengatakan setiap orang harus memeiliki keinginan untuk memelihara, merawat dan melestarikan satwa liar, tidak cukup hanya sebagian orang saja.

“Sudah selayaknya kita mmelihara merawat dan melestarikannya, tidak bisa hanya Bupati, Camat dan Kuwu yang punya keinginan tersebut, harus ada kolaborasi dari semua masyarakat, ” Jelasnya.

“Oleh karena itu masyarakat harus selalu dihimbau dan diingatkan, ” Tambahnya.

Beliau mengaku bangga dan berharap masyarakat dapat bersama-sama menjaga kelestarian hewan tersebut sehingga dapat berkembang biak.

“Bangga sekali apalagi kita sama-sama melepas kukang hewan langka yang dilindungi ke habitatnya, mohon di jaga oleh semua masyarakat, mudahan-mudahan bisa berkembang biak, ” Tuturnya.

Terakhir Bupati Ciamis mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Konservasi SDAE Kementerian LHK yang telah menyempatkan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Ciamis mendapat piagam penghargaan dari Dirjen Konservasi SDAE atas kepemimpinan dan kepeloporan dan dukungannya menjadikan konservasi sebagai jati diri Kabupaten Ciamis.

Selain itu juga, piagam penghargaan dari Dirjen Konservasi SDAE diberikan Kepada Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD, Ketua Dewan Kebudayaan serta para tokoh pegiat dan pecinta lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis.

,* No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten