oleh

Bupati Devi Suhartoni, Melaksanakan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Muratara

Berita Kab.MURATARA – Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, Devi suhartoni melantik dan pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Muratara masa Bhakti 2021-2026, di ruang paripurna DPRD kabupaten Muratara, Kamis 1/4/2021.

Turut hadir juga, Sekda Muratara Alwi roham, Anggota DPRD Kabupaten Muratara, Kepala OPD Kabupaten Muratara, pengurus karang taruna kecamatan dan desa yang ada di wilayah kabupaten Muratara.

Dalam sambutannya Bupati Muratara mengatakan, bahwa Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif. Dengan demikian, Karang Taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

Perlu dipahami, sambung Bupati, Pemerintah telah menuangkan aturan yang mendasari terbentuknya Karang Taruna. Dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna, menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Karena itu, dengan dasar peraturan tersebut, maka Karang Taruna harus dapat mengimplementasikannya di masyarakat, yakni harus mampu menunjukkan beberapa fungsinya sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda, dan senantiasa bersinergi serta sekaligus menjadi mitra dengan Pemerintah Daerah, dalam hal peningkatan pemberdayaan potensi pemuda,” kata Bupati.

Pemerintah menyadari, tanpa andil dari masyarakat, termasuk andil dan peran dari Karang Taruna, maka mustahil permasalahan sosial dapat kita tangani dengan baik dan optimal. Karena itu, seluruh potensi dan SDM kaum muda harus bersatu padu berbuat yang terbaik, serta mampu mengikuti kecepatan derasnya arus perubahan zaman.

“Maka itu mau tidak mau kita harus memiliki SDM yang unggul, yang mampu menguasai perkembangan teknologi, sehingga mempunyai kecepatan untuk dapat memenangkan persaingan,” ujar Bupati.

Bupati Devi suhartoni juga berpesan, Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, pertanian. “Mari kita bekerja sama, bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Muratara, yaitu menjadikan Kabupaten yang aman, agamis, maju dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, ketua umum karang taruna yang baru saja di laksanakan pengukuhan oleh bupati Muratara itu, Depri Apriansyah dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada bupati Muratara yang telah melakukan pengukuhan terhadap dirinya dan seluruh pengurus karang taruna kabupaten Muratara masa bakti 2021-2026, dengan pengukuhan pengurus karang taruna kabupaten Muratara oleh bupati ini, kami juga meminta dukungan dan supot dari pemerintah dan anggota dewan didalam menjalankan organisasi karang taruna ini, biar kedepannya nanti bersinergi dengan pemerintah daerah didalam memajukan Muratara didalam segala bidang.

“Saya berharap pengukuhan pengurus karang taruna kabupaten Muratara ini, dapat bersinergi dengan pemerintah dan elemen elemen masyarakat di dalam memajukan Muratara ini, dibidang apapun” tutupnya.

Jurnalis David

News Feed