Bupati Herdiat Pimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kabupaten Ciamis

Berita Pemda Ciamis – Sebagai salah satu upaya optimalisasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pimpin rapat evaluasi PPKM darurat bersama para kepala SKPD dan Camat secara virtual.

Rapat evaluasi tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah H. Tatang dan Asisten Daerah Ciamis Bidang Pemerintahan dan Kesra Ika Darmaiswara di Ruang Vidcon Pendopo, Senin, (05/07/2021).

Dalam arahanya Bupati Ciamis menyampaikan sebagai pelayan masyarakat, pemerintah harus memahami perannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di dalam kondisi PPKM darurat ini.

“Kita sebagai ASN harus benar-benar mengerti situasi dan kondisi lapangan saat ini, apakah termasuk dalam sektor essensial, non essensial ataukah kritikal,” Ungkapnya.

Menurutnya, dalam kondisi PPKM darurat ini semua SKPD harus peka terhadap peran dan fungsinya, karena mempunyai peranan yang sama-sama penting.

“Kita ambil contoh, yang bertanggung jawab atas ketersediaan gas Oksigen itu adalah Disperindag bukan Dinkes atau RSUD, dimulai dari penyediaan, pendistribusian dan lain sebagainya, jadi jika Disperindag di non essensialkan dengan ketentuan 100% WFH, maka bagaimana oksigen bisa tersedia, ” Tegas Bupati.

Begitu juga halnya dengan Dinas Pertanian, yang mempunyai tanggung jawab untuk mengontrol kebutuhan dan ketersediaan makanan agar tidak terjadi kelaparan.

“Dalam hal ini kita harus ideal dalam menentukan kebijakan, itu semua demi masyarakat jangan sampai kita tidak mengantisipasi kejadian-kejadian seperti itu, ” Jelasnya.

“Kita kembalikan lagi tugas kita ke tanggung jawab dan hati nurani sebagai pelayan masyarakat, ” Tambahnya.

Ia menerangkan bahwa setiap SKPD memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengoptimalkan pelaksanaan PPKM darurat di Kabupaten Ciamis.

“Oleh karenanya, saya himbau kepada eselon 2 dan 3 agar tetap masuk, kalau perlu digilir piket tidak ada yang tidak stand by semua harus sinergi, ” Tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Ciamis menyampaikan ucapan terimakasih pada para camat atas setiap laporan dan atensinya mengenai PPKM darurat baik berupa visual, poto ataupun berupa data-data.

“Terimakasih pada para camat atas atensi bapak dan ibu semua yang hampir setiap saat melaporkan PPKM darurat kepada kami, baik berupa visual, poto-poto, maupun data-data, ” Ucapnya.

Kemudian beliau juga memerintahkan kepada SKPD tetkait untuk senantiasa memantau pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti pasar dari mulai pasar desa sampai pasar kota untuk memastikan prokesnya benar-benar diterapkan.

Kepada para kepala SKPD Bupati berpesan agar dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam masa PPKM Darurat.

“Tetap semangat dan tetap fokus, ini semua bentuk upaya lahiriah kita dan kita wajib melaksanakanya, sambil terus berdo’a untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat di Kabupaten Ciamis,” Pungkasnya.(Js)

  No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten