oleh

Desa Panjalu Ciamis Masuk 10 Besar peringkat IDM Mandiri se-Indonesia

Berita Desa Panjalu Kab. Ciamis – Pemerintah Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis masuk 10 besar dalam penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) Mandiri se Indonesia.

Nilai yang berhasil dikumpulkan oleh Desa Panjalu sebagaimana dipublikasikan dalam laman resmi IDM Kementerian Desa https://idm.kemendesa.go.id/status yakni 0.9848. Dengan jumlah angka tersebut Desa Panjalu meraih peringkat ke-6 dengan nilai IDM Mandiri se-Indonesia.

Hal tersebut menjadi hal yang cukup membanggakan, pasalnya untuk bisa mendapat nilai tertinggi ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh Pemerintah Desa Panjalu. Diantaranya program prioritas, adanya pemberdayaan bagi masyarakat hingga penanganan kebencanaan yang dilakukan.

Sementra untuk level Provinsi, Desa Panjalu menjadi peringkat tertinggi dalam hal nilai IDM Mandiri. Untuk posisi kedua nilai IDM Mandiri tertinggi di Jabar disusul oleh Desa Pondok Udik, Kabupaten Bogor.

Sekedar diketahui, dalam pengukuran status desa oleh Kemendes, terdapat lima klasifikasi status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM). Lima status itu adalah (1) Desa Sangat Tertinggal; (2) Desa Tertinggal; (3) Desa Berkembang; (4) Desa Maju; dan (5) Desa Mandiri.

Dalam dokumen resmi IDM 2015 dijelaskan, klasifikasi itu untuk menunjukkan keragaman karakter setiap desa. Selain itu bertujuan untuk menajamkan penetapan status perkembangan desa dan rekomendasi intervensi kebijakan yang diperlukan berdasarkan status dari masing-masing desa.

Adapun rentang skor pengukuran status desa dalam IDM dari 0,27–0,92. Sedangkan nilai rata-rata nasional IDM 2015 mencapai 0,566. Klasifikasi status masing-masing desa ditetapkan dengan ambang batas sebagai berikut: (1) Desa Sangat Tertinggal: < 0,491; (2) Desa Tertinggal: > 0,491 dan < 0,599; (3) Desa Berkembang: > 0,599 dan < 0,707; (4) Desa Maju: > 0,707 dan < 0,815; (5) Desa Mandiri: > 0,815..(Js)

 

 

News Feed