oleh

Diduga Adanya Pemerasan Kesekolah, Ketua PWI Pihak Korban Harus Berani Lapor Polisi

Berita Kab. Pandeglang – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang Iman Fathurohman mengatakan, dengan dugaan adanya oknum wartawan yang mendatangi kepihak-pihak sekolah dengan meminta nominal uang dengan tujuan tidak jelas. Bahkan, di sertai dengan ancaman, pihak korban harus berani melaporkan kepada pihak yang berwajib yaitu kepolisian.

“Kalau benar ada oknum wartawan meminta uang kepada narasumber dan mengancam akan diberitakan, kalau tidak diberi uang itu sudah menyalahi Kode Etik Jurnalis. Sehingga, pihak korban harus berani melaporkan oknum tersebut, kepada aparat kepolisian. Karena itu sudah masuk tindak pidana pemerasan,” kata Iman, Senin (8/3/2021).

Lanjut iman, seorang wartawan itu harus memegang teguh kode etik jurnalis, salah satunya dengan tidak menyalahgunakan sebagai profesinya.

“Pihak korban juga harus berani, kalau merasa telah diperas silahkan laporkan kepada aparat kepolisian. Karena, kita berada di negara hukum. Sebab tidak ada yang kebal hukum termasuk wartawan, ketika melakukan tindakan yang melanggar hukum harus mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tuturnya.

Untuk itu, Iman juga berpesan, agar semua wartawan yang bertugas. Khususnya di Kabupaten Pandeglang harus bisa mematuhi kode etik jurnalis, dengan tidak melakukan perbuatan yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kita sebagai wartawan harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beriktikad buruk,” ucapnya. RIZ

News Feed