oleh

DPD FPRN Jawa Barat Gelar Silaturahmi Sekaligus Bentuk Kepengurusan

Berita BANDUNG – Forum Pimpinan Redaksi Nasional (FPRN) Daerah Jawa Barat Gelar Silaturahmi sekaligus pembentukan kepengurusan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di RM Ampera Cikijing Rancaekek Bandung, Sabtu (22/05/2021).

Wakil ketua terpilih FPRN DPD Jawa Barat Dari Pimpinan Redaksi Sergapreborn , Helmi.Purnama SH menuturkan,” kita mewakili ketua umum FPRN sangat berterimakasih sekali atas segala kehadiran rekan-rekan pimpinan redaksi media nasional, yang memang notabene media yang benar-benar terdaftar legalitasnya sesuai aturan pemerintah serta perusahaan media”, ungkapnya.

Ditempat yang sama Ahmad Suharya dari media Min.co.id menambahkan,”bahwa dalam Forum ini adalah sebuah Forum organisasi media yang didalamnya hanya di isi oleh Para Pimpinan Media atau yang mewakili Pimpinan Media dan Juga Perusahaan Media, bukan di isi oleh wartawan dan jurnalis, berbeda dengan Forum Organisasi yang sudah ada,” katanya.

Ditempat yang sama Agus Wahyudin yang selalu akrab di panggil Kang Agus Eot selaku Ketua DPD FPRN Jabar dari media Mataperistiwa.id menyebutkan “Tujuan membentuknya DPD FPRN Jabar ini sebagai langkah awal mempersatuakan para Pimpinan Media”, ucapnya.

“Pers merupakan institusi sosial yang memiliki fungsi signifikan yang sering didefinisikan sebagai lembaga kontrol. Fungsi pers itu dapat diwujudkan secara maksimal apabila kebebasan pers dijamin. Pers yang terjamin kebebasannya sebagai prasyarat untuk dapat berfungsi maksimal, bertanggung jawab atas semua informasi yang dipublikasikan tidak kepada negara. Tanggung jawab pers, bersifat langsung kepada masyarakat (publik), karena tujuan utama jurnalisme (pers) adalah untuk melayani masyarakat”, jelas Agus

Agus juga menjelaskan bahwa Perusahaan pers adalah badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers meliputi perusahaan media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, atau menyalurkan informasi.

Dengan terbentuknya FPRN ini semoga media yang dasar hukum dan lembaganya jelas bisa hidup, seperti kita lihat dilapangan bahwa di Jabar sendiri begitu banyak media yang berkontribusi berpuluh puluh tahun bahkan tidak pernah terperhatikan oleh wadahnya salah satunya dinas komunikasi.

‘Semoga dengan berdirinya Forum Pimpinan Redaksi Nasional ini khususnya DPD FPRN Jabar media-media yang sudah berkontribusi di ruang publik salah satunya pemberitaan bisa merasakan timbal baliknya dari apa yang dilakukan oleh perusaha-perusahan media, dan dapat terwujud salah satu fungsi media itu sendiri yaitu sebagai kelembagaan ekonomi” Pungkas Agus.

News Feed