oleh

Kadis PMDP3A Muratara Monitoring BUMDes di desa Desa

Berita Kab.MURATARA– Kepala Dinas PMDP3A kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, Gusti Rohmani melakukan giat monitoring perkembangan BUMDes di desa sumber makmur kecamatan Nibung kabupaten Muratara, Selasa 23/3/221.

Monitoring BUMDes itu sendiri dilakukan dengan beberapa paparan tentang pokok dan inti tujuan dan mafast BUMDes di tengah tengah masyarakat.

Kepala Dinas PMDP3A Muratara, Gusti Rohmani mengatakan kegiatan monitoring BUMDes ini merupakan bentuk tolak ukur kemajuan perekonomian suatu desa.

“Monitoring BUMDes ini, kami lakukan ke desa desa, untuk melihat langsung perkembangan BUMDes itu sendiri dan apa yang menjadi prioritas utama usaha yang dikelola desa tersebut, agar bisa menjadi tolak ukur mengenai kemajuan Desa” katanya.

Ia menerangkan, BUMDes merupakan suatu wadah masyarakat desa untuk usaha di dalam mengali pontensi yang ada di desa

Dan BUMDes juga merupakan badan usaha milik desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga untuk menambahkan PAD bagi desa itu sendiri.

“Hal itu juga BUMDes dapat mendongkrak Perekonomian masyarakat dan dapat juga menyerap tenaga kerja di lingkungan desa tersebut, maka dari itu kami melakukan monitoring BUMDes yang ada di desa kabupaten Muratara, upaya kami kedepannya, pemerintah desa bisa membawakan masyarakatnya lebih baik lagi kedepannya dengan perekonomian yang mapan dan SDM berkembang menuju desa yang mandiri dan berdaya saing yang diperlukan keseriusan semua pihak untuk bekerja secara optimal di dalam memajukan BUMDes ini” ungkap nya.

Monitoring kegiatan bBUMDes ini bukan di tingkat kabupaten Muratara saja bahkan tingkat pusat sekarang bisa memantau kegiatan BUMDes di desa melalui situs web khusus untuk BUMDes.

Langkah pemerintah desa dan pengurus BUMDes didalam memajukan BUMDes cara lainnya adalah melakukan kegiatan lomba desa, dengan tujuan mendorong di dalam mempromosikan dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya serta usaha yang di kelola BUMDes itu sendiri.

“Lomba desa merupakan media pendorong bagi perkembangan didalam memajukan BUMDes di desa. melalui lomba desa tersebut akan terlihat kemajuan peluang usaha yang Belum di kelola oleh BUMDes di desa lainnya” pungkasnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas PMDP3A Muratara, mengharapkan melalui pengelolaan BUMDes yang baik oleh masyarakat dan pemerintah desa bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi tambahan PAD bagi desa itu sendiri.

Jurnalis David

News Feed