oleh

Kapolres Ciamis Ikuti Rakor Larangan Mudik secara virtual untuk disaksikan oleh unsur Muspika di Kantor Kecamatan masing-masing

Berita Polres Ciamis – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442H, berbagai persiapan tengah dilakukan Pemerintah untuk mengantisipasi warga bandel yang memaksakan Mudik. Larangan mudik ini dilakukan Pemerintah sebagai upaya meminimaliris penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Persiapan tersebut tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat, melainkan seluruh daerah di Indonesia. Persiapan itu salah satunya juga dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H itu dipaparkan Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya kepada seluruh unsur pimpinan di Kabupaten Ciamis dan para Kepala SKPD dalam Rapat Koordinasi yang digelar di Aula Adipati Kusumahdiningrat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (27 April 2021). Rakor ini juga disiarkan secara virtual untuk disaksikan oleh unsur Muspika di Kantor Kecamatan masing-masing diwilayah Kabupaten Ciamis.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya mengatakan, pihaknya berupaya untuk menjalakan instruksi Pemerintah Pusat terkait pelarangan Mudik dari tanggal 6-17 Mei 2021. Salah satunya dengan melakukan penyekatan dan pengawasan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan hingga desa.

“Satgas covid-19 tingkat Desa merupakan garda terakhir pemeriksaan pemudik, oleh karena itu laksanakan pengawasan dengan ketat, lakukan swab tes dan isolasi bagi warga yang memaksakan diri mudik ke Ciamis,” kata H. Herdiat.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Yopy Mulyaman Suryawibawa, S.Ag., S.I.K., yang mewakili Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa Operasi Ketupat Tahun 2021 di Kepolisian atas perintah Presiden kepada Kapolri untuk melakukan penyekatan sudah dimulai. Pelaksanaannya dilakukan sejak tanggal 22 April 2021 hingga 24 Mei 2021 dan itu dibagi dalam beberapa tahapan.

“Kami ingatkan kembali, tahun ini masyarakat sama sekali dilarang untuk mudik. Terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri kami minta agar disesuaikan dengan zonasi perkembangan Covid-19,” katanya.

Dalam Rakor yang dilaksanakan di Aula Setda Kabupaten Ciamis turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Sekda Kabupaten Ciamis H. Tatang, perwakilan Dandim 0613/Ciamis, Perwakilan Kajari Ciamis, dan seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Pelaksanaan Rapat itu berjalan tetap dengan mempedomani protokol kesehatan. Dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan membatasi jumlah undangan sebanyak setengah dari kapasitas ruangan.(Js)

News Feed