oleh

Kapolres Ciamis menghadiri acara video conference bersama Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Ciamis

Berita Polres Ciamis – Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., menghadiri acara video conference bersama Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Ciamis. Acara itu digelar di Aula Vicon Pemda Ciamis, Setda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (3 Mei 2021).

Acara vicon di tingkat Kabupaten Ciamis dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dan juga diikuti oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis.

Rakor tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi penanganan Covid-19 ditingkat kabupaten/kota diseluruh Indonesia. Selain itu berbagai pembahasan dilakukan, khususnya menghadapi Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., menyampaikan, pertemuan secara vicon ini salah satunya membahas penerapan protokol kesehatan menghadapi Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Dimana juga dibahas tentang langkah penanganan oleh petugas dilapangan.

“Kita akan melakukan penyekatan di sejumlah titik masuk wilayah hukum Polres Ciamis khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis. Beberapa pos kami dirikan untuk menyekat kendaraan yang hendak masuk maupun melintas di Kabupaten Ciamis selama waktu pelarangan mudik yang dikeluarkan Pemerintah Pusat yakni tanggal 6-17 Mei 2021,” ucap Kapolres.

Kapolres mengatakan, Polres Ciamis siap bersinergi dengan Pemerintah dan TNI untuk menjaga setiap pintu masuk Kabupaten Ciamis. Pengerahan personel ini menjadi upaya bersama untuk menerapkan Larangan Mudik.

“Personel yang kami kerahkan tidak hanya di Pos Penyekatan saja, tetapi kami juga kerahkan hingga tingkat Polsek. Bahkan kami juga perintahkan para Bhabinkamtibmas untuk bersinergi dengan Babinsa dan Pemerintah Desa agar melakukan pendataan dan mengisolasikan mandiri warga yang memaksa mudik di wilayah hukum Polres Ciamis,” pungkasnya.

Kapolres berpesan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan mudik. “Sayangilah keluarga, saudara, tetangga, dan masyarakat luas dengan tidak melakukan mudik dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Itu semua guna mendukung program pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Adapun hasil lainnya dalam acara vicon tersebut, diantaranya membahas antisipasi pelaksanaan Sholat IDUL FITRI 1442 H, pelaksanaan Zakat Fitrah yang mana diantisipasi kaitan dengan Kerumunan dan dapat mengakibatkan penyebaran serta peningkatan kasus Covid 19 di wilayah. Selain itu juga membahas mengenai pelaksanaan Sholat Idul Fitri, dimana warga dihimbau bisa melaksanakan di Rumah masing-masing tanpa menimbulkan kerumunan.(Js)

News Feed