oleh

Kapolsek Kalipucang memimpin langsung Apel Kesiapan pelaksanaan penyekatan wisatawan menuju obyek wisata Pangandaran

Berita Kab.Pangandaran – Kapolsek Kalipucang Kompol Jumaeli memimpin langsung Apel Kesiapan pelaksanaan penyekatan wisatawan menuju obyek wisata Pangandaran. Apel tersebut digelar di Rest Area Bunderan Emplak, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (5 Juni 2021).

Apel tersebut diikuti oleh puluhan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah terkait. Mereka terdiri dari personel Polsek Kalipucang Polres Ciamis, Koramil 1319/Kalipucang, Subdenpom III/2-4 Banjar, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Pangandaran.

Kapolsek Kalipucang Kompol Jumaeli mengatakan, apel ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan para personel yang akan bertugas di kawasan Bunderan Emplak Kalipucang. Nantinya petugas akan melakukan penyekatan kendaraan wisatawan yang hendak akan menuju kawasan obyek wisata Pangandaran.

“Mereka yang hadir sudah siap melakukan penyekatan wisatawan guna mencegah timbulnya kerumunan dan mengakibatkan klaster penyebaran Covid-19,” kata Kompol Jumaeli.

Setelah Apel, lanjut dia, petugas gabungan akan bersiaga di kawasan Bunderan Emplak untuk melakukan penyekatan wisatawan. Penyekatan dikhususkan terhadap kendaraan luar wilayah Priangan Timur atau kendaraan berleter selain Z.

“Penyekatan ini merupakan upaya kami untuk mencegah timbulnya kerumunan karena wisatawan berkumpul di satu titik lokasi wisata saja yang ada di Kabupaten Pangandaran. Kami juga akan melakukan sistem buka tutup apabila kepadatan wisatawan terjadi di kawasan obyek wisata Pangandaran,” pungkasnya.

“Kami akan melakukan pemutaran balik kendaraan apabila mereka tidak bisa menunjukan surat bebas Covid-19 hasil dari pemeriksaan tes rapid antigen ataupun swab tes PCR,” tambahnya.

Kompol Jumaeli menambahkan, petugas juga tidak selalu mengingatkan kepada wisatawan dan warga sekitar untuk tetap mempedomani protokol kesehatan. Seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Untuk para wisatawan kami imbau untuk tetap selalu mempedomani protokol kesehatan pencegahan Covid-19, salah satunya dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbuhnya.(Js)

News Feed