oleh

Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Banjar Bisa Mengunakan Layanan BPJS Berbasis Digital

Berita BPJS Banjar—  BPJS  Kesehatan Cabang Banjar menggelar ngopi bareng bersama media serta perkenalan kepala cabang BPJS Kesehatan Cabang Banjar disalah rumah makan di kota banjar Kamis (25/06/2021)

Awal ngoping bareng kepala bpjs kesehatan Banjar yang baru Iwan Kurnian.SE mengatakan berdasarkan data jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Banjar,meliputi Kabupaten Pangandaran menjadi peserta tertinggi dengan jumlah 357.138 pesertta atau mencakup 83,40 persen dari jumlah penduduk sebanyak 428.242 jiwa.

Kemudian, Kabupaten Ciamis dengan jumlah penduduk 1.259.984 terdapat 929.551 peserta BPJS atau menjangkau sebesar 73, 77 persen dari total jumlah penduduk.

Berikutnya, untuk Kota Banjar dari jumlah 205.482 penduduk, terdapat 155.102 jiwa yang mendaftar peserta BPJS Kesehatan atau menjangkau sebesar 75,48 persen jumlah penduduk.

“Dari data jumlah kepesertaan, untuk Kabupaten Pangandaran itu memang yang paling tinggi yaitu mencapai 83, 40 persen dari jumlah penduduk,” ujarnya

 

Menurut Iwan untuk mempermudah layanan BPJS Kesehatan Cabang Banjar, Jawa Barat, mengenalkan layanan aplikasi berbasis digital, atau layanan online yang bisa diakses oleh  peserta BPJS Kesehatan.

Layanan aplikasi digital tersebut untuk mempermudah pelayanan kepada warga masyarakat, khususnya peserta BPJS untuk menghindari adanya kerumunan saat pelayanan dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Selanjutnya Iwan mengatakan, sejumlah fitur layanan digital tersebut antara lain Chika (Chat Assistant JKN). Fiturtersebut merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon oleh sistem layanan kanal Facebook Messenger. Kemudian, Telegram dan WhatsApp dengan Nomor 081187504

Vika (Voice Interactive JKN), yaitu pelayanan Informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan. Serta status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan dengan Call Center 1500 400 dan layanan Mobile JKN.

Sedangkan Untuk layanan Facebook Messenger peserta bisa mengakses Facebook BPJS Kesehatan. Begitupun dengan fitur layanan lainnya,

Dengan mengakses fitur layanan tersebut, lanjutnya, masyarakat khususnya peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan layanan secara online, seperti melakukan pendaftaran dan mengecek iuran kepesertaan.

Kemudian, peserta juga dapat menyampaikan keluhan atau komplain terkait pelayanan, mengajukan permintaan informasi, serta layanan lain tentang kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Melalui fitur itu nanti semua informasi bisa langsung diakses. Pelayanan bisa direspon dengan mudah dan cepat tersampaikan tanpa harus datang ke kantor,” jelasnya.

Pembukaan layanan berbasis digital tersebut selain mempermudah layanan juga untuk mengurangi terjadinya kerumunan dalam situasi pandemi Covid-19.

Di masa pandemi ini pihak BPJS cabang banjar Kesehatan tidak membuka pelayanan tatap muka, kecuali untuk layanan yang bersifat emergency. Seperti adanya keluhan atau komplain dari peserta yang memang membutuhkan pelayanan secara langsung.

Untuk itu  para peserta ataw masyarakat yang ingin mendaftar atau mendapat layanan informasi bisa menggunakan channel mobil JKN. Ataupun fitur-fitur layanan digital lainnya yang sudah pihaknya sediakan.(Js)

News Feed