oleh

Ketua TP-PKK Muratara, Gelar Rakor Program PKK Tahun 2021

Berita Kab.MURATARA– Ketua Tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, Rita DS (Rita Devi Suhartoni) memimpin rapat koordinasi tentang sinkronisasi program PKK tahun 2021, Selasa 30/3/2021

Rakor tersebut, berlangsung di of room lantai 2 Setda Kantor Bupati Muratara,
yang dihadiri Kepala Perangkat Daerah (OPD) dan Unsur dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial maupun dinas-dinas lainya.

Kegiatan rakor tersebut, dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Muratara dan dilanjutkan dengan pemaparan program dari setiap OPD guna mensinkronisasi antara program-program yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan Program-Program PKK Tahun 2021.

Ketua TP-PKK Muratara, Rita DS menyampaikan, kepada seluruh SKPD agar bersinergi dengan PKK dalam menjalankan program-program di tahun 2021 ini, terutama pada program yang menitik beratkan pada Penguatan Ekonomi Keluarga, Karakter Anak, Penguatan Karakter Keluarga, Upaya Penurunan Stunting dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Ditambahkanya, bahwa visi gerak PKK adalah terwujudnya keluarga sejahterah untuk menuju masyarakat madani. Dimana upaya mewujudkan visi PKK ini diperlukan pemberdayaan masyarakat, yang tidak luput pemberdaan keluarga dengan dapat diupayakan fasilitasi non-instruktif guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan keluarga untuk menghasilkan kemandirian keluarga.

“Dan hal yang menjadi tantangan kita bersama adalah bagai mana membudayakan PKK dengan 10 Program pokoknya. Yakni: penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah keluarga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat merupayakan kekuatan yang strategi,” jelasnya.

Berkaitan hal tersebut, bahwa 10 program PKK dapat menjadi membudaya di masyarakat. Maka PKK kedepan dapat menjadi pilar yang kokoh dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muratara, Marlinda Sari mengatakan siap mengkolaborasikan kegiatan pelayanan dasar kesehatan bersama PKK Muratara untuk masyarakat.

Disampaikan Marlinda, adapun program yang telah direncanakan yang bersinergi dengan program PPK yakni pelayanan dasar kesehatan seperti yang dilangsungkan dalam kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dari tingkat kampung sampai distrik.

“Adapun pelayanan yang telah dilakukan selama ini pemberian susu untuk mengurangi angka stanting pada anak, pemberian vitamin A kepada ibu nifas dan menyusui, pemberian tablet tambah darah untuk wanita usia subur (remaja), pemberian obat cacing dan vitamin A untuk bayi dan balita serta makanan tambahan bergizi,” jelasnya

Kerja sama dan kolaborasi program yang sangat baik di Dinkes juga akan melakukan program rumah sehat dan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil yang akan turun kedesa-desa. “Hal ini telah terencana dalam progam di pokja IV dengan berkolaborasi pada pelayanan kesehatan tingkat Kecamatan (Pukesmas),” paparnya.

Jurnalis David