oleh

Konferda IV Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Jawa Barat ” Niti Wanci Nu Mustari, Ninggang Mangsa Nu Mustajab, Tanjeurkeun Wibawa Bangsa

Berita Bandung –Konferensi Daerah (Konferda) IV Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Jawa Barat dilaksanakan bertempat di Gedung Grand Kosambi (Greko) Jl. Jendral Ahmad Yani (Kosambi) No.136, Kota Bandung Jawa Barat. Minggu (30/05/21).

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Baharudin Farawawon Beserta Jajaran, Ketua DPRD Jawa Barat Bpk. Brigjen (purn) Taufik Hidayat, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bpk. Ono Surono, ST., Kepala Kesbangpol Jawa Barat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat, Kepala PMI Kota Bandung, Ketua KNPI Jawa Barat, Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat serta Ketua DPC Pemuda Demokrat Indonesia se Jawa Barat juga utusan Konferda IV Pemuda Demokrat Indonesia.

Terlihat karangan bunga dan ucapan selamat atas terselenggaranya Konferda Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Jawa Barat diantaranya dari Anggota DPR RI Puti Guntur Sukarno, Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jawa Barat Memo Hermawan, Kadisdik Provinsi Jawa Barat H. Dedi Supandi, S.STP.M.SI., DPD KNPI Kota Bandung, Majelis Pemuda Indonesia-KNPI Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dari perwakilan Depag Kota Bandung, serta berdoa yang dipimpin oleh Bung Harry.

Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan mars Pemuda Demokrat Indonesia pembacaan Teks Pancasila yg diikuti seluruh peserta dan tamu undangan. Serta Perform kesenian dari Satri darma pamong budaya Kab.Bogor.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Konferda IV Pemuda Demokrat Indonesia Bung Ir. Rohman Mulyana menyampaikan salam hormat. ” Merdeka…. !! Marhaen…!!

Yang saya hormati, Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Beserta Jajaran; Gubernur Jawa Barat atau yang mewakili; Ketua DPRD Jawa Barat Bpk. Brigjen (purn) Taufik Hidayat beserta unsur Pimpinan yang hadir; Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bpk. Ono Surono, ST.; Kepala Kesbangpol Jawa Barat; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat; Kepala PMI Kota Bandung; Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat beserta Jajaran; Ketua DPC Pemuda Demokrat Indonesia se Jawa Barat juga utusan Konferda IV Pemuda Demokrat Indonesia; Bapak Francis Dina Kartantya yang memfasilitasi tempat acara; Yang saya banggakan segenap kader Pemuda Demokrat dan hadirin undangan sekalian.” Ujarnya.

Lanjutnya ” Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas ridha dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi di di tempat ini dalam rangka Konferensi Daerah IV Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat dan Memperingati hari lahir Pemuda Demokrat Indonesia yang ke 74 dalam keadaan sehat walafiat, dan semoga nikmat sehat ini, akan senantiasa mengiringi aktivitas kita di hari-hari mendatang.” ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Konferda IV Pemuda Demokrat Indonesia Bung Ir. Rohman Mulyana mengingatkan ” Untuk selalu mematuhi protocol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus covid 19, dan semoga Pendemi yang melanda negeri ini cepat berlalu amin Ya Rabbal Alamin..” harapnya.

” Sholawat serta salam semoga terlimpah curah kepada jungjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya dan kita sekalian sebagai umatnya.”

Lebih lanjut ” Kami Selaku Panitia mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum beserta segenap tamu undangan yang telah berkenan hadir untuk bersama-sama Mengikuti Pembukaan Konferensi Daerah IV Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat.”

” Konferensi Daerah merupakan bagian-bagian dari Konsolidasi Organisasi adalah sesuatu proses yang dijalankan secara sadar untuk memperkokoh daya tahan, daya gerak dan daya juang serta sendi-sendi organisasi lainnya sehingga mampu menjawab tantangan-tantangan organisasi.” Jelasnya.

” Konferensi Daerah bertujuan untuk memilih pengurus Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat juga untuk merumuskan Program kerja unggulan dalam upaya mengembalikan marwah organisasi sebagai organisasi pergerakan kawah candradimuka untuk mencetak kader-kader bangsa.”

Dalam laporannya Ketua Panitia Konferda melaporkan, bahwa terselenggaranya Kegiatan Konferda ini dilakukan secara gotong royong segenap kader Pemuda Demokrat Indonesia se-Jawa Barat dan dukungan dari berbagai pihak.

” Konferensi Daerah ini dihadiri oleh utusan dari DPC-DPC pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Kota se Jawa Barat, sampai saat ini tercatat sudah 22 DPC yang hadir.” Jelas Rohman.

Dalam akhir laporannya, selaku Panitia kegiatan megucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ; Bapak Francis Dina Kartantya yang sudah menyediakan tempat dan berbagai fasilitas untuk dipergunakan dalam kegiatan ini; Bapak Gubernur Jawa Barat DR H. Ridwan Kamil; Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bapak Ono Surono, ST; Ibu Ine Purwadewi Sundari Wakil Pimpinan DPRD Jawa Barat; Bapak Memo Hermawan, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat; Bung Wawan Hermawan. Pengurus DPD Pemuda; Direktur bank BJB; Direktur PT Agro Jabar; Direktur PT Jasa Sarana; Kabag Umum Jabar; PMI Kota Bandung; Bupati Pangandaran Bapak Jeje Wiradinata; Ketua DPRD Kab. Ciamis, Ciamis. Bung Nanang BD6Permana; Bung Freddy Siagian, anggota DPRD Kota Cimahi; Bung Trio Arsepto; Bing Iwan Setiawan; Bung Rizky; dan Bung lyus Junaedi, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa sebut satu-persatu.

Atas segala bantuan baik moril maupun material sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

” Terakhir saya ucapkan terimakasih kepada semua jajaran Panitia khususnya PATIH yang atas segala pengorbanan baik waktu, tenaga dan pikiran dengan tanpa mengenal lelah, bahu-membahu untuk mensukseskan penyelenggaraan Konferensi Daerah IV dan Memperingati hari lahir Pemuda Demokrat yang ke 74.”

” Demikianlah laporan ini saya sampaikan, terimakasih atas segala perhatiannya, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam perkataan yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu serta saudara sekalian. Sekian dan terma kasih Jayalah Pemuda Demokrat Indonesia….MERDEKA…MARHAEN…” Pungkasnya.

Dalam sambutannya melalui virtual, Gubernur Jawa Barat Mohammad Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat dan permohonan maafnya karena tidak bisa langsung menghadiri acara Konferda Pemuda Demokrat Indonesia, karena sedang berada di luar kota.

” Sebelumnya mohon maaf tidak bisa hadir langsung dan di tunggu kerjasama Sinergitas Pemuda Demokrat Indonesia dengan pemerintah prov Jabar.” Ucap Gubernur Jawa Barat.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bapak Ono Surono, ST dalam sambutannya menyampaikan, ” Kebanggan bagi saya dan terima kasih atas undangannya dalam kegiatan Konferda Pemuda Demokrat Indonesia.”

” Pemuda Demokrat Indonesia mempunyai sejarah yang tidak terpisahkan dengan PDIP.” Jelasnya.

“Pemuda Demokrat Indonesia lahir di solo pda tgl 30 Mei 1945, berarti hari ini ulang tahunnya yang ke 74. walaupun umurnya sudah tidak muda tapi semangatnya tetap menggelora. Dan Pemuda Demokrat Indonesia punya andil dalam pembentukan komite Nasional Pemuda Indonesia” Ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bapak Ono Surono, ST.

Lanjutnya ” Pemuda Demokrat Indonesia punya komitmen dan roh yang sama dengan PDIP berideologi Pancasila, ideologi yang bergerak dan bekerja. Sebagai pelopor bagaimana menambah kekuatan kaum marhaen dalam kontek kekinian untuk meningkatkan kesejahteraan.” Paparnya.

“ Kedepannya agar dapat membangun dan membangkitkan kembali kekuatan nasionalis marhaenis yang ada di Jabar khususnya dan kita kembalikan kepada era Soekarno,” katanya.

” Pemuda Demokrat Indonesia terbuka dan bersifat independen, tapi yakin mayoritas kader PDIP.” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Baharudin Farawawon menuturkan, turut mendorong para pemuda dalam kepeloporan patriotisme dan nasionalisme.

“Saya mendorong seluruh eksponen, mendorong pemuda kita dalam kepeloporan patriotisme dan nasionalisme,” tuturnya.

Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia berharap, dengan dilaksanakannya Konferda ini, mampu menghadirkan kepengurusan yang baik, dan melanjutkan kepeloporan patriotisme dan nasionalisme.

” Semoga Konferda Pemuda Demokrat Indonesia ini menghasilkan pengurus yang baik dan bisa melanjutkan kepeloporan pemuda di bidang patriotisme dan nasionalisme. Khususnya di dalam pembelaan kita kepada kaum marhaenis, Disitulah Pemuda Demokrat Indonesia berada.” Ucapnya.

Dalam sambutannya Ketua DPP Pemuda Demokrat Indonesia menyinggung permasalahan Palestina ” Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel,” ujarnya, mengutip perkataan Bung Karno.

” Dukungan Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Soekarno, terhadap kemerdekaan Palestina tak terbantahkan dan selalu konsisten. Bukan sekadar lewat kata-kata, tapi juga dibuktikan melalui tindakan nyata. Meskipun Bung Karno belum pernah menjejakkan kaki di tanah Palestina, namun jejak dukungan Sang Proklamator Indonesia untuk kemerdekaan Palestina telah terpatri dalam catatan sejarah.

Dukungan pemerintah Indonesia, yang digaungkan Bung Karno, terhadap kemerdekaan Palestina tak lepas dari sokongan yang diberikan pemerintah dan rakyat Palestina terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.”

Lanjutnya ” Bandung sangat erat hubungannya dengan Konferensi Asia Afrika, dan berpesan kepada pemerintah Provinsi Jabar, jadikan Bandung sebagi ibukota non-blok.” Pungkasnya.

Pemuda Demokrat Indonesia lahir untuk meneruskan perjuangan cita-cita dan penyambung lidah Bung Karno.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Konferda IV Provinsi Jabar dengan ditandai pemukulan gong oleh Ketua DPP Pemuda Demokrat Indonesia yang didampingi oleh Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Jawa Barat, Ketua DPD PDIP Jawa Barat dan Ketua Pelaksana Konferda Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini DPP Pemuda Demokrat Indonesia memberikan cendera mata kepada DPD PDIP, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat dan Ketua Pelaksana Konferda.

Kemudian sidang Konferda Pemuda Demokrat Indonesia dilaksanakan tertutup untuk umum.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19 yang di bantu oleh PMI Kota Bandung. Dan acara berakhir sukses, aman dan lancar.

Konferda Pemuda Demokrat Indonesia IV Provinsi Jawa Barat ” Niti Wanci Nu Mustari, Ninggang Mangsa Nu Mustajab, Tanjeurkeun Wibawa Bangsa”

Merdeka….!!!
Marhaen…Jaya…!!!

(Red)

News Feed