oleh

M. Suluri, Kades Sumber Makmur Nibung, Di PK-SOTK Mendapat Penghargaan dari kemendagri

-Berita Lampung-1.637 views

Berita Kab.MURATARA– M. Suluri, Kepala desa sumber makmur kecamatan Nibung kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, menerima piagam penghargaan dari menteri dalam negeri republik Indonesia dan peraih nilai tertinggi di kegiatan pelatihan kepemimpinan dan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) pemerintah desa bagi kepala desa terpilih diawal masa jabatan angkatan IV tahun 2021 di Lampung.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan SOTK pemerintah desa yang dilaksanakan dari tanggal 09 Maret – 11 Maret 2021 yang di selangarakan oleh balai pemerintah desa selama tiga hari itu dengan peserta berjumlah 60 kepala desa dari empat provinsi yang ada di pulau Sumatera yaitu provinsi Aceh, Sumatra barat, Sumatra Selatan dan Lampung.

M. Saluri kepala desa sumber makmur Sp 7 kecamatan Nibung kabupaten Muratara yang mendapat piagam penghargaan yang meraih prestasi membanggakan pemerintah Muratara itu, saat di sambangi oleh awak media di kediamannya, Minggu 14/3/2021,
Ia mengucapkan syukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh kementerian dalam negeri dan ini menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya dan juga pemerintah Muratara.

“Pencapaian ini tidak lepas dari tangan dingin teman-teman perangkat desa, kepala desa, dari pemerintahan kecamatan dan pemerintah kabupaten” ungkap nya.

M. Suluri menambahkan, dalam kegiatan tersebut, kami para Kepala Desa diberikan materi materi terkait kedisiplinan, kepemimpinan, wawasan kebangsaan, peraturan perundang-undangan tentang Desa, pengembangan potensi Desa, pengelolaan keuangan Desa dan upaya penanggulangan kemiskinan, pencegahan tindak pidana korupsi, hubungan kerja Kepala Desa dengan BPD serta materi terkait pembinaan dan pengawasan Desa oleh Camat.

Kepala dinas PMD Kabupaten Muratara Gusti Rohmani saat di minta tanggapannya tentang penghargaan dari kementerian yang diraih oleh M. Suluri kepala desa sumber makmur dikegiatan itu. Dia sangat bangga dengan prestasi itu dan berharap, melalui pelatihan tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi para Kepala Desa dalam upaya meningkatkan kapasitas keilmuan dan wawasan tentang pemerintahan desa.

Bahkan menurutnya kadis PMD Gusti Rohmani, tugas Kepala Desa saat ini cukup kompleks karena begitu banyaknya permasalahan yang dihadapi, baik itu masalah sosial kemasyarakatan maupun ekonomi dengan ilmu yang didapatkan oleh kepala desa sumber makmur selama di pelatihan tersebut, dapat mengatasi persoalan-persoalan yang ada di desa

“Maka, melalui kegiatan pelatihan diharapkan para Kepala Desa memiliki kemampuan keilmuan dan wawasan tentang kebijakan pemerintah desa, manajemen penyelenggaraan pemerintah desa, perencanaan pembangunan desa, kepemimpinan, pemecahan permasalahan desa, hingga bagaimana upaya mengoptimalkan potensi desa. Sehingga kedepan Kabupaten Muratara menjadi kabupaten unggulan yang berdaya saing,” ujar kadis PMD Muratara.

Ia juga berharap kepada seluruh kepala desa di kabupaten Muratara, Agar dapat menyelenggarakan tugas-tugas tersebut, tentunya diperlukan seorang Kepala Desa yang memiliki integritas tinggi serta komitmen untuk selalu melakukan hal-hal yang sifatnya mendorong atau membangun desanya untuk lebih maju dan penduduknya juga sejahtera.

“Melalui momentum pelatihan itu, saya minta kepada seluruh Kepala Desa khususnya yang ada di Muratara, agar pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan melalui pelatihan itu akan menjadi modal dasar dalam menghadapi tantangan masa depan,” harapnya.

Dengan adanya kepala desa dari Muratara di pelatihan kepemimpinan SOTK pemerintah desa yang diselenggarakan oleh balai pemerintah desa di Lampung, semoga proses pembelajaran itu dapat membentuk seorang Kepala Desa menjadi sosok aparatur desa yang berdisiplin, berkompetensi, profesional dan bermoral baik. Dengan adanya penghargaan yang di raih M. Suluri ini menjadi motivasi membangun desa lebih mandiri lagi kedepannya.

Jurnalis David

News Feed