oleh

Musrembang Tingkat Kecamatan Rawas ulu mendapat supot dari OPD muratara

Berita Kab.MURATARA– pemerintah kecamatan Rawas ulu kabupaten Musi Rawas Utara (muratara) provinsi Sumatera Selatan, mengelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tahun 2021 di gedung serbaguna kelurahan pasar surulangun Rawas kecamatan Rawas ulu.

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) muratara terus mendorong pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan guna mempertajam usulan program dari tingkat kecamatan menjelang pembahasan rencana kerja pemerintah daerah muratara.

Setelah sebelumnya di tingkat Kecamatan Rupit, karang Dapo dan Nibung, pada hari ini, Kamis 18/2/2021 musrembang di kecamatan Rawas ulu muratara.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Abdul Kadir camat Rawas ulu dan dihadiri Kasman perwakilan dari Bappeda, kadis LHP Zulkifli, kadis PU perkim Afirmansyah, kadis kepang Asim, Sekdis pertanian Mustopo, Sekdis komifo Iksan, perwakilan dari Disperindagkop, Kapoksek Rawas ulu Ujang Ar, Koramil, lurah, perwakilan BPD dan kepala desa sekecamatan Rawas ul

Abdul Kadir dalam pidato sambutan kegiatan bMusrenbang tingkat Kecamatan Rawas ulu tersebut, mengatakan, musrembsng merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan, membahas kegiatan prioritas yang di usulkan kelurahan dan desa untuk perencanaan pembangunan Tahun anggaran 2022 ini, dapat memberi perubahan desa masing-masing yang ada di wilayah kecamatan Rawas ulu busa mewujud perekonomian masyarakat dan pembangunan lebih maju lagi di dalam bidang apapun.

“Silahkan rekan rekan kepala desa, BPD dan masyarakat dalam hal ini untuk mengajukan usulan dan diskusi apa kiranya yang perlu diprioritaskan untuk menunjang perekonomian di desa masing-masing untuk mensukseskan program pemerintah daerah yang telah di canangkan” katanya.

Kepala Bapppeda muratara yang diwakili jasman selaku Kabid program prasarana dan pemberdayaan, menyampaikan, kunci dari Musrenbang adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan kelurahan dan desa bersinergi untuk membangun SDM dari tingkat bawah untuk kemajuan kabupaten muratara.

“Tujuannya Musrenbang kecamatan yaitu membahas daftar usulan RKP hasil Musrembang masing masing desa untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa,” ujarnya.

Kemudian kegiatan prioritas yang telah dihasilkan pada Musrenbang tingkat kecamatan ini, akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah untuk 2022 melalui tahapan forum OPD yang akan di laksanakan di tingkat Kabupaten nantinya dan semua usulan dari desa dan kelurahan akan di input dalam satu pintu yang melalui situs kementerian SIPD tambah Kasman.

Sementara itu, kadis PU perkim Afirmansyah menyebutkan bahwa Musrembang yang dilaksanakan ini merupakan tahapan kedua dari siatem perencanaan pembangunan setelah pelaksanaan musrembang nagari. dimana dalam forum ini akan dibahas usulan program dan kegiatan yang akan dibawa ke forum perangkat daerah dan Musrembang RKPD Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022.

“Untuk itu diminta kepada kita semua untuk berperan aktif dalam memberikan masukan dan memilih kegiatan yang benar benar dibutuhkan daerah. Dalam penentuan usulan kegiatan skala prioritas tersebut, agar lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk kesejahteraan, kemakmuran, dan kebahagiaan masyarakat,” pungkasnya.

Dan kegiatan musrembang tingkat kecamatan Rawas ulu dilanjut dengan paparan materi dari OPD masing-masing dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari Perseta musrembsng tersebut.

Jurnalis David

News Feed