oleh

Pembentukan Komunitas Ekonomi Kreatif Desa Cigayam

Berita Desa Cigayam Kab.Ciamis–Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi, dan pada saat yang bersamaan ramah lingkungan serta menguatkan citra dan  identitas budaya bangsa.

Menurut Kasi Ekraf H.Adang Andi, kontribusi ekonomi kreatif pada perekonomian nasional semakin nyata. Nilai tambah yang dihasilkan ekonomi kreatif juga mengalami peningkatan setiap tahun bahkan kita termasuk 3 besar di Dunia berkaitan dengan ekonomi kreatif.

Dalam dialog dengan Komunitas ekonomi kreatif Desa Cigayam, H.Adang Andi menyatakan keyakinannya tentang potensi besar industri kreatif yang berada di Desa Cigayam. “Lokomotiv nya sudah ada, gerbong nya sudah digital tinggal komitmen Komunitas aja jangan sampai kendor” ujar H.Adang Andi (Selasa, 31 Agustus 2021)

Produk ekonomi kreatif harus lebih menarik lagi aga bisa bersaing di pasar Nasional bahkan pasar dunia, bahkan harus mempunyai keyakinan bahwa dengan ekonomi kreatif yang kuat dan maju, maka kedepanya para pelaku sudah tidak lagi berharap pada bentuk bentuk bantuan dari pemerintah, meskipun pemerintah akan pasti memfasilitasi semua pelaku ekonomi kreatif.

Keyakinan akan masa depan sektor ekonomi kreatif inilah yang mendorong terbentuknya Komunitas Ekonomi Kreatif di Desa Cigayam menurut Dodi Haryana (Kepala Desa Cigayam) dan bak gayung bersambut serta berjalan seiringan dengan komitmen dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membentuk Komunitas Pelaku Ekonomi Kreatif.

“Saya berharap Komunitas Ekonomi Kreatif untuk  segera bekerja dan mengkoordinir seluruh pelaku ekonomi kreatif untuk memperkuat pondasi dalam Komunitas Ekonomi Kreatif”, ujar Dodi Haryana selaku Kades Cigayam.

Kepala Desa Cigayam (Dodi Haryana) berharap Sinergi ini akan mendorong karya-karya kreatif   mendapatkan nilai tambah yang lebih besar apalagi jika aspek pariwisata lokal di Cigayam di kembangkan dan kedepannya Cigayam menjadi Desa Mandiri yang kreatif dan inovasi dalam berkarya serta unggul dalam Potensi Wisata Lokal nya.

Menghadapi tantangan yang semakin berat ke depan, kita perlu memperkuat kemampuan industri kreatif lokal dan mempunyai ciri khas tersendiri agar bisa menjadi Icon bagi Desa Cigayam kedepan nya (Jajang/Indra)

News Feed