oleh

Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Berita Kab.MURATARA– Rasa aman merupakan hal penting dalam bermasyarakat terlebih dalam situasi saat ini dimana desa lubuk rumbai kecamatan muara Rupit kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan tingkat pengguna moblitas yang tinggi, sehingga menimbulkan sudut pandang yang berbeda khususnya yang melintas desa tersebut menilai lingkungan masyarakat rawan terhadap berbagai aksi tindakan kejahatan.

Akan tetapi itu cuma sekedar sudut pandang sebagian orang saja, Dikarenakan Untuk mengatasi hal tersebut, kepala desa lubuk rumbai Haromain ” Semenjak di era kepemimpinan nya telah dibentuk suatu sistem keamanan lingkungan yaitu “Siskamling”. Siskamling tersebut merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang identik dengan ronda keliling. “Siskamling” membuahkan hasil diantaranya kondisi dan keamanan lingkungan benar-benar terjaga hingga matahari terbit.

Haromain kepala desa lubuk rumbai, terkait sistem keamanan yang saat ini bisa sebagai contoh untuk di desa lain” Ia Menjelaskan alhamdulillah untuk kebiasaan masyarakat kami sendiri saat ini perihal keamanan di desa, sampai sekarang pun semangat kekompakan tidak menurunnya dan nilai-nilai kebersamaan serta rasa individualisme di masyarakat. Untuk itu metode yang konvensional yang identik dengan “ronda” atau pekerjaan pengamanan pada malam hari, sudah menjadi sistem yang berlaku di desa kami,

Lanjutnya bahkan masyarakat di desa kami juga ikut serta dalam pengawasan tentang pembangunan untuk kemajuan di desa, kami juga terus melibatkan masyarakat terkait apapun untuk demi kemajuan di desa, tutup Haromain.

Jurnalis David

News Feed