oleh

Personel Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar bersama Kodim 0613/Ciamis, Satpol PP dan Dishub Pangandaran melaksanakan penyekatan

Berita Polres Ciamis  – Personel Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar bersama Kodim 0613/Ciamis, Satpol PP dan Dishub Pangandaran melaksanakan penyekatan sekaligus pengamanan kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran. Beberapa titik masuk kawasan pantai mulai dijaga ketat oleh petugas gabungan sejak Minggu pagi.

“Mulai pagi ini pukul 05.00 WIB, kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran kami lakukan penyekatan secara ketat. Dimana hanya warga asli Pangandaran dan wilayah Priangan Timur atau Letter Z saja yang boleh masuk ke kawasan pantai,” tutur Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., didampingi Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dan Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., saat ditemui disela kegiatan monitoring kegiatan patroli kawasan Pantai, di Pantai Timur Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (23 Mei 2021).

Kapolres menjelaskan penyekatan secara ketat ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan di kawasan pantai yang menimbulkan kerumunan orang. “Sampai dengan pagi ini ada 8.494 wisatawan yang sudah berada di kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran. Penyekatan secara ketat kami lakukan agar tidak menimbulkan kerumunan yang mengakibatkan menjadi klaster penyebaran virus corona,” kata Kapolres.

Selain itu, kata Kapolres, pihaknya juga melakukan pencegahan lainnya dengan selalu menyampaikan edukasi protokol kesehatan ke wisatawan yang ada di Pantai Pangandaran. Baik melalui pengeras suara dari menara pengawas Balawista maupun secara mobile yang dilakukan Polres Ciamis serta Satpol PP.

“Kami selalu berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Kami tidak mau libur akhir pekan ini menjadi wabah klaster penyebaran virus corona. Mari sama-sama kita disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar turut serta membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Penyekatan secara ketat tidak hanya dilakukan di kawasan Pantai Pangandaran saja, tetapi diseluruh obyek wisata yang ada di Pangandaran. Seperti Pos Penyekatan Kalipucang, Cimerak, Bunderan Karapyak, Pintu Masuk Batu Karas, dan Pintu Masuk Batu Hiu.

Selama kegiatan petugas melakukan buka tutup arus kendaraan yang akan hendak masuk ke kawasan obyek wisata Pangandaran. Selain itu, kepada kendaraan bak terbuka yang membawa penumpang untuk berwisata akan diputerbalikan.(Js)