oleh

Polsek Serang Kawal Seba Baduy

Berita Polres Kota Serang – Polsek Serang Polres Serang Kota Polda Banten melaksanakan pengawalan dan pengamanan Seba Baduy di depan Kantor Pendopo Bupati Serang Jl. Veteran No. 1 Kel. Kota Baru Kecamatan Serang Kota Serang. Minggu (23/5/2021).

Sebanyak 24 orang yang di antaranya 7 Orang dari suku baduy dalam yang dipimpin Oleh Jaro atau Ketua Saidi Putra Jaro, disambut oleh Kadis Dindikbud Provinsi Banten H. Tabrani, Kadis Parawisata Kabupaten Serang H. Jaya dan Kasi Pol PP Kabupaten Serang Sri Astuti.

Dalam Kegiatan tersebut Suku Baduy yang di Pimpin Oleh Jaro Saidi Putra menyerahkan beberapa hasil alam berupa Gula Aren, Kelapa, pisang dan lain sebagainya sebagai tanda bersukur ke sang pencipta.Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., melalui Kapolsek Serang Kompol Bambang Wibisono, SH., MH.

Kegiatan Seba Baduy dilanjutkan Acara ke Kediaman Kapolda Banten disambut langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, turut hadir Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, Wadir Intelkam Polda Banten, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto dan Kapolsek Serang Kompol Bambang Wibisono.

Acara dimulai dengan perkenalan Kapolda Banten terhadap Warga Baduy dengan tujuan supaya lebih dekat Polda Banten dengan Warga Baduy dalam dan Luar.

“Saya atas nama Pribadi dan Polri daerah Banten merasa terhormat sekali Warga Baduy dapat hadir di Rumah Dinas Kapolda Banten, dari Awal saya menjabat Kapolda Banten saya selalu berkoordinasi ke sesepuh Baduy dan menanyakan situasi dan Kondisi di Daerah Baduy,”kata Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Masih kata Kapolda, rencananya Polda Banten akan melaksanakan Penghijauan di Daerah Baduy dan kami meminta untuk para sesepuh mendukung Program kami ini.

“Kami juga meminta para Sesepuh Baduy agar membantu kami untuk menjaga keamanan dan Kenyamanan Provinsi Banten ini,”ujarnya

Ditempat yang sama, dalam sambutannya, Jaro Saidi menyampaikan permohonan maaf kalau ada kata tidak mengerti maklum kami ada bahasa Gado – gado.

“Kami berterima kasih kepada bapak Kapolda Banten yang telah mengundang kami ke Kediamannnya dan Baru kali ini dalam kegiatan Seba Baduy kami di undang ke kediaman Kapolda,”katanya.

Lanjut Saidi, Luas Baduy 5.300 Hektar yang terdiri dari 15 kecamatan dan dilindungi oleh kekayaan alam dan Gunung, yang setiap tahun mengadakan Acara Sukuran Ritual untuk menjaga alam supaya terlindung dari gangguan dari luar.

“Terkait Gunung liman yang di jadikan sebagai Tempat Lobang Tambang Emas kami sebenarnya keberatan karena kami takut terjadi kejadian bencana alam walaupun Gunung tersebut bukan di daerah Tanah adat kami.

“Kami meminta Kepada Jajaran Polda Banten Untuk menindak Kegiatan tersebut di Gunung liman,”ungkapnya.

Kegiatan dirangkai dengan serah terima Bingkisan Oleh – oleh dari Kapolda Banten Kepada Warga Baduy, Fhoto bersama dan Do’a bersama.

Untuk diketahui, Kegiatan Seba Baduy ini dilaksanakaan satu kali dalam setahun yang akan bertemu dengan para pemimpin daerah yang disebut dengan Bapa gede dan Ibu Gede. (TP/HUMAS).

News Feed