oleh

Safari Gemarikan Meriah,Dirjen Sumbang Mobil ATI

Berita Kab.Bima (NTB) — Acara Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dilakukan di Jalan Baru, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Minggu, 02 Februari 2020, meriah.

Selain di hadiri Dirjen PDSPKP, Agus Suherman dan anggota DRP-RI H M Safruddin, ST,MM, juga dihadiri Kadis Perikanan dan Kelautan Propinsi NTB. Ketua DWP Kabupaten Bima, kepala OPD lingkup Setda Bima, Camat se Kabupaten Bima, sejumlah Kepala Desa dan Kepala Dusun di Kecamatan Palibelo.

Sekda Bima, Drs. H M Taufik HAK, mewakili Bupati Bima, menyatakan, Pemerintah Daerah, terus menggenjot potensi Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Bima.

Untuk tahun 2020, kata Taufik, melalui APBD, Pemerintah telah menganggarkan Rp 12-13 M. Karena kecukupan gizi dan protein yang dikonsumsi masyarakat menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bima.

‘’Karena kandungan protein yang ada dalam ikan sangat tinggi,’’ujar Sekda, dikutip Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, Minggu, 2 Februari 2020.

Pemerintah tetap mendorong agar masyarakat tatap mengkonsumsi ikan segar. Menurut Taufik, antara infrastruktur dan kesehatan masyarakat sama pentingnya. Namun yang lebih penting adalah gizi masyarakat.
Asupan gizi ikan akan mengobati segala macam penyakit, terutama penyakit jantung. Protein ikan juga akan menjaga tulang tidak cepat keropos.

Sekda berharap, kegiatan itu perlu ditingkatkan dan dilanjutkan, dikemas lebih bagus. Dikelola sebagai destinasi wisata yang bisa meningkatkan PAD. Pemkab Bima komit tetap genjot potensi Perikanan dan Kelautan.

Anggota Komisi IV DPR RI, HM Safruddin, ST,MM, menyatakan teluk Bima, tempat diselenggarakan acara merupakan potensi destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Bima. Selain pantai Lawata yang ada di Kota Bima.

Ia merasa bangga setelah bergabung di komisi IV banyak membantu masyarakat NTB khususnya Bima, dengan nilai bantuan mencapai RP 8 M.

‘’Terima kasih untuk masyarakat Bima masih mempercayai saya. Saya merasa bangga bisa membantu masyarakat Bima. Termasuk ikut menghadirkan anggaran Perikanan dan Kelautan ini,’’ujar Rudy Mbojo, sapaan akrab anggota Dewan tiga periode ini, di hadapan Dirjen dan pejabat Pemkab Bima.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima, Hj. Nurma, mengatakan pada Safari Gemarikan itu, juga diadakan lomba bakar ikan.

Ia mengakui ada beberapa titik di Kabupaten Bima yang potensi perikananya besar. Untuk mengelolanya dibutuhkan bantuan Pemerintah Pusat.

Dihadapan Dirjen, Kadis Nurma, melaporkan bahwa Kecamatan Langgudu setiap tahunya memproduksi ikan jumlah banyak, oleh karena itu dibutuhkan pabrik pengalengan ikan. Kemudian di Kecamatan Sape membutuhkan es flack.

Dijelaskannya, anggaran Safari Gemarikan tahun ini dibantu oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan juga melalui APBD II Kabupaten Bima.

Safari Gemarikan tahun ini, dimeriahkan oleh seribu siswa yang ikut menampilkan tarian Gemarikan. Sekaligus membiasakan kepada mereka mengkonsumsi makanan yang bahan bakunya dari ikan.

Kemudian penyerahan secara simbolis bantuan mobil alih teknologi informasi (ATI) dan Cold Storage, diserahkan Dirjen PDSPKP kepada Pemerintah Kabupaten Bima. Bantuan itu diterima langsung Sekda Bima, disaksikan anggota DPR-RI dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Bima yang hadir. (ProKom Setda Bima)

Komentar

News Feed